Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together untuk meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa kelas X-1 SMAN 1 Kademangan Blitar / Nur Wakhit Maratus Shgolikah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together untuk meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa kelas X-1 SMAN 1 Kademangan Blitar / Nur Wakhit Maratus Shgolikah

Sholikah, Nur Wakhit Maratus (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together untuk meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa kelas X-1 SMAN 1 Kademangan Blitar / Nur Wakhit Maratus Shgolikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Minat Belajar Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara kepada guru Biologi pada bulan September 2011 sampai Oktober 2011 diketahui bahwa minat dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Rendahnya minat belajar siswa dapat diketahui dari sikap siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran berlangsung yaitu siswa kurang memperhatikan penjelasan guru siswa kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan kebanyakan siswa yang duduk di belakang asik melakukan aktivitas lain yang dianggap menarik untuk dilakukan dan hanya siswa tertentu saja yang aktif pada waktu diskusi kelompok. Hasil belajar siswa yang rendah ditunjukkan pada nilai tes siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu rerata nilai siswa 58 4 dan persentase ketuntasan belajar klasikal 41 9%. Alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Protista dan Fungi. Data penelitian berupa minat belajar siswa yang diperoleh dari observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung yang diukur dengan menggunakan lembar observasi minat belajar dan data hasil belajar siswa diperoleh dari tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa Biologi kelas X-1 SMAN 1 Kademangan Blitar. Hal ini ditandai dengan minat belajar siswa sebesar 56 8% pada siklus I dan meningkat menjadi 78 1% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa NHT dapat meningkatkan persentase ketuntasan minat belajar siswa sebesar 21 3%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64 5% dan pada siklus II sebesar 80 6%. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa NHT dapat meningkatkan persentase ketuntasan hasil kognitif siswa sebesar 16 1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27448

Actions (login required)

View Item View Item