Peran instruktur pelatihan dalam menyiapkan peserta siap kerja (studi kasus di pelatihan membuat olahan hasil pertanian UPT balai latihan kerja Wonojati Malang) / Safina Rachmwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran instruktur pelatihan dalam menyiapkan peserta siap kerja (studi kasus di pelatihan membuat olahan hasil pertanian UPT balai latihan kerja Wonojati Malang) / Safina Rachmwati

Rachmwati, Safina (2022) Peran instruktur pelatihan dalam menyiapkan peserta siap kerja (studi kasus di pelatihan membuat olahan hasil pertanian UPT balai latihan kerja Wonojati Malang) / Safina Rachmwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Instruktur merupakan pendidik yang memiliki tanggung jawab utama yaitu mengajar membimbinng melatih mengarahkan menilai dan mengevaluasi peserta pelatihan pada lembaga kursus dan pelatihan. Tujuan penelitiann ini adalah (1) Mendeskripsikan peran instruktur pelatihan dalam menyiapkan peserta siap kerja di pelatihan membuat olahan hasil pertanian UPT BLK Wonojati Malang. (2) Mendeskripsikan kesiapan kerja peserta pelatihan membuat olahan hasil pertanian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di pelatihan membuat olahan hasil pertanian UPT BLK Wonojati Malang. Informan dalam penelitian ini adalah instruktur pelatihan dan peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Proses pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tahapan (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Instruktur yang ada di pelatihan membuat olahan hasil pertanian melakukan beberapa peranannya sebagai seorang instruktur profesional yaitu sebagai pelatih/sumber belajar fasilitator pembimbing dan evaluator. Dengan keprofesionalan itu instruktur dapat memberikan yang terbaik bagi warga belajarnya. Proses pembelajaran yang ada di UPT BLK Wonojati Malang yang dilakukan seorang instruktur dilihat dari waktu materi media metode dan evaluasi. Semua sudah terdapat dalam peranan seorang instrukur. Kesiapan kerja peserta pelatihan membuat olahan hasil pertanian adalah adanya peningkatan pengetahuan keterampilan kemandirian dan pendapatan hal ini dikarenakan setelah mengikuti kegiatan pelatihan peserta pelatihan mampu membuat dan mengembangkan keterampilan yang dimilikinya sehingga mereka dapat terampil dan memiliki pengembangan dasar mengenai pelatihan membuat olahan hasil pertanian yang dapat diterapkan dalam dunia kerja atau usaha mandiri saat pelatihan sudah selesai. Saran yang diharapkan dapat dilakukan untuk meningkatkan peran instruktur pelatihan dalam menyiapkan peserta siap kerja (1) Bagi Instruktur. Perlunya peningkatan mutu instruktur guna untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi sesuai dengan standar. (2) Bagi Peserta Pelatihan. Diharapkan peserta pelatihan mempunyai pandangan prospek ke depan setelah lulus dari pelatihan (3) Bagi Peneliti Selanjutnya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber bagi peneliti lain di masa depan yang ingin belajar lebih banyak tentang apa saja yang dapat dipelajari dari peran instruktur pelatihan untuk menyiapkan peserta siap kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274217

Actions (login required)

View Item View Item