Strategi fasilitasi instruktur dalam upaya meningkatkan kompetensi peserta pelatihan practical office advance (studi kasus di unit pelaksana teknis balai latihan kerja Wonojati Malang) / Dina Ardiah Wahyu Pangestu - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi fasilitasi instruktur dalam upaya meningkatkan kompetensi peserta pelatihan practical office advance (studi kasus di unit pelaksana teknis balai latihan kerja Wonojati Malang) / Dina Ardiah Wahyu Pangestu

Pangestu, Dina Ardiah Wahyu (2022) Strategi fasilitasi instruktur dalam upaya meningkatkan kompetensi peserta pelatihan practical office advance (studi kasus di unit pelaksana teknis balai latihan kerja Wonojati Malang) / Dina Ardiah Wahyu Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi fasilitasi yang digunakan oleh instruktur berperan penting dalam proses pembelajaran peserta di pelatihan. Instruktur di kejuruan teknologi informasi komunikasi (TIK) menggunakan strategi fasilitasi untuk memudahkan peserta pelatihan dalam memahami materi pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah strategi fasilitasi instruktur dalam upaya meningkatkan kompentensi peserta pelatihan practical office advance di pelatihan kejuruan TIK UPT BLK Wonojati Malang. Tujuan pada penelitian adalah (1) mendeskripsikan motivasi belajar peserta pelatihan yang mengikuti proses pembelajaran (2) mendeskripsikan strategi fasilitasi instruktur dalam meningkatkan kompetensi peserta pelatihan practical office advance dan (3) mendeskripsikan kemampuan peserta pelatihan dalam menguasai materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan studi dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dan direduksi selanjutnya peneliti menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknis dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menemukan bahwa motivasi belajar peserta dalam proses pembelajaran di kejuruan TIK tinggi melalui penerapan kegiatan sharing session oleh instruktur. Kegiatan sharing session yang dilakukan oleh instruktur untuk menciptakan hubungan dekat sebelum memulai proses pembelajaran dengan peserta pelatihan. Dalam proses pembelajaran instruktur juga menerapkan strategi fasilitasi meliputi penggunaan media pembelajaran dan pendekatan instruktur kepada peserta pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam menguasai materi pembelajaran. Kemampuan peserta pelatihan dalam menguasai materi pembelajaran yang diberikan oleh instruktur meliputi dua hal yaitu kemampuan soft skill dan hard skill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274215

Actions (login required)

View Item View Item