Proses pewarisan keterampilan pembuatan keramik dalam persfektif pendidikan informal di Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang (studi kasus di usaha kerajinan keramik Soeharto) / Kartika Jaladri - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pewarisan keterampilan pembuatan keramik dalam persfektif pendidikan informal di Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang (studi kasus di usaha kerajinan keramik Soeharto) / Kartika Jaladri

Jaladri, Kartika (2022) Proses pewarisan keterampilan pembuatan keramik dalam persfektif pendidikan informal di Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang (studi kasus di usaha kerajinan keramik Soeharto) / Kartika Jaladri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pola pewarisan keterampilan keramik dan megetahui omponen pendidikan yang ada di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi wawancara dan studi dokumen. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan tiangulasi teknik. Hasil penelitian ini menemukan Pola pewarisan keterampilan membuat keramik melalui pendidikan informal di Usaha Kerajinan Keramik Suharto meliputi kegiatan produksi keramik dan distribuasi keramik yang diwariskan secara vertikal yang terus berlanjut karena keluarga tersebut masih terus memproduksi keramik meskipun kegiatan pewarisan secara vertikal ini juga terhenti. Proses pembelajaran melalui tahap sosialisadi dan dilanjutkan pada tahap enkulturasi melalui realisasi dalam tindakan mencontoh atau meniru sesuai apa yang telah diarahkan. Dalam pelaksanaannya terjalin kerja sama bersama pihak-pihak terkait dalam rangka pengembangan Kampung Keramik Dinoyo. komponen pendidika dalam pewarisan keterampilan membuat keramik di Usaha Kerajinan Keramik Suharto meliputi tujuan belajar yang hendak dicapai subjek belajar pendidik Tempat dan waktu proses belajar materi ajar yang disampaikan metode penjelasan memberi contoh dan praktik langsung dengan menggunakan pendekatan teaching and learning by doing dan pelaziman. Evaluasi dilakukan berkelanjutan menggunakan metode observasi dan tanya jawab. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya para pengrajin keramik Dinoyo tetap mengenalkan dan mengajarkan kerajinan kerami kepada anak-anaknya meskipun telah berhenti dalam memproduksi keramik sehingga potensi yang telah ada dan dimiliki dapat terus bertahan dan berkembang di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274209

Actions (login required)

View Item View Item