Kualitas komunikasi dalam keluarga terhadap perkembangan kreativitas remaja (studi kasus pada pengasuhan remaja Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang) / Yulietha Eka Yanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kualitas komunikasi dalam keluarga terhadap perkembangan kreativitas remaja (studi kasus pada pengasuhan remaja Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang) / Yulietha Eka Yanti

Yanti, Yulietha Eka (2022) Kualitas komunikasi dalam keluarga terhadap perkembangan kreativitas remaja (studi kasus pada pengasuhan remaja Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang) / Yulietha Eka Yanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yanti Yulietha Eka. 2022. Kualitas Komunikasi Dalam Keluarga Untuk Perkembangan Kreativitas Remaja (Studi Kasus pada Pengasuhan Remaja di Desa Clumprit Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. Hardika M.Pd (2) Dr. R. Anggia Listyaningrum S.Pd M.Pd Kata kunci Kualitas Komunikasi orang tua dan anak Perkembangan Kreativitas Komunikasi adalah suatu kegiatan dalam menyampaikan informasi yang berupa ide gagasan atau pun pesan dari satu individu ke individu lainnya. Komunikasi merupakan salah satu cara dalam memberikan pendidikan dan pengetahuan. Keluarga adalah pendidikan paling dasar bagi anak di dalam pembentukan karakter perkembangan dan pertumbuhan anak. Sehingga peranan keluarga sangat dibutuhkan dalam pembentukan kreativitas yang tinggi dan diikuti oleh kecerdasan baik secara spiritual sosial maupun emosional. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan secara lebih mendalam mengenai kualitas komunikasi keluarga untuk perkembangan kreativitas remaja.Terdapat dua indikator kualitas komunikasi yang harus dikaji lebih dalam yaitu (1) Pola komunikasi. Pola komunikasi authoritative banyak membawa dampak positif terhadap perkembangan kreativitas remaja (2) Isi/konten pembahasan. Orang tua yang sering memberikan penanaman nilai-nilai kebaikan kepada anak akan membentuk karakter yang baik terhadap anak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode penggalian data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Proses analisis data digunakan melalui tahapan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah (1) Pola pikir orang tua menentukan pola komunikasi yang dibangun antara orang tua dan anak. Pola komunikasi yang tepat akan menumbuhkan kualitas komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. (2) Orang tua yang sering berkomunikasi dengan anaknya dan memberikan penanaman nilai-nilai kebaikan seperti kasih sayang rasa hormat dan kepercayaan diri akan membentuk karakter yang baik kepada anak (3) Kualitas komunikasi antara orang tua dan anak menentukan perkembangan kreativitas anak. Berdasarkan penelitian ini disarankan (1) bagi orang tua dan anak untuk lebih meningkatkan komunikasi bersama agar memiliki kualitas komunikasi yang baik dan dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dana anak (2) bagi orang tua dapat lebih membuka pikiran terhadap anak dengan memahami pemikiran dan perasaan anak serta memperbanyak menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak (3) bagi anak penting untuk terus mengembangkan dan menggali potensi dan kreativitas yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274207

Actions (login required)

View Item View Item