Pengelolaan program pendidikan kesetaraan paket c di pkbm sumber makmur kecamatan lawang / Andrew Bryliant Counselor - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan program pendidikan kesetaraan paket c di pkbm sumber makmur kecamatan lawang / Andrew Bryliant Counselor

Counselor, Andrew Bryliant Counselor (2022) Pengelolaan program pendidikan kesetaraan paket c di pkbm sumber makmur kecamatan lawang / Andrew Bryliant Counselor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengelolaan program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Sumber Makmur adalah serangkaian kegiatan dalam menerapkan fungsi-fungsi pengelolaan yang sudah di atur dalam standar pendidikan nasional yaitu standar pengelolaan sebagaimana standar pengelolaan adalah kriteria minimal mengenai perencanaan pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini memiliki tujuan dalam mendeskripsikan Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C PKBM Sumber Makmur yang meliputi fungsi perencanaan fungsi pelaksanaan dan fungsi pengawasan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara observasi dan studi dokumentasi. Proses analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus yang kemudian akan direduksi disajikan dan ditarik dalam sebuah kesimpulan. Penelitian dilakukan pada pihak pengelola program pendidikan kesetaraan paket C PKBM Sumber Makmur yaitu ketua staff dan tutor. Hasil penelitian ini adalah Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C yang dilakukan dari tahap perencanaan yang menetapkan tujuan pelaksanaan kegiatan waktu dan rencana pelaksanaan pembelajaran pada tahap pelaksanaan adanya pemberian pembinaan terhadap anggota pengelola agar tetap pelaksanaan berjalan dengan semestinya serta dengan koordinasi dan komunikasi yang baik antar anggota. Pada tahap akhir yaitu pengawasan atau supervisi yang dilakukan oleh pihak dinas pendidikan dan monitoring yang dilakukan oleh ketua dan tutor pada pelaksanaan proses pembelajaran serta membuat laporan kegiatan untuk pertanggungjawaban pada program yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274205

Actions (login required)

View Item View Item