Outbound sebagai metode belajar untuk penguatan self confidence siswa kelas ii sdn tlogomas 2 malang / Indie Yazida Priyanka Nastiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Outbound sebagai metode belajar untuk penguatan self confidence siswa kelas ii sdn tlogomas 2 malang / Indie Yazida Priyanka Nastiti

Nastiti, Indie Yazida Priyanka Nastiti (2022) Outbound sebagai metode belajar untuk penguatan self confidence siswa kelas ii sdn tlogomas 2 malang / Indie Yazida Priyanka Nastiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SDN Tlogomas 2 merupakan salah satu lembaga pendidikan jenjang Sekolah Dasar di Kota Malang. Latar belakang pemilihan lokasi disebabkan oleh siswa kelas II merasa jenuh dan kurang aktif selama proses pembelajaran dikarenakan guru menggunakan metode pembelajaran ceramah dan metode resitasi yang kerap kali diimplementasikan saat proses pembelajaran berlangsung di sekolah. Dikarenakan kurang aktifnya siswa saat pembelajaran siswa menjadi ragu dan takut. Hal tersebut membuktikan rendahnya kepercayaan diri siswa. Maka dari itu untuk menguatkan self confidence siswa pihak sekolah mengadakan metode belajar outbound. Outbound sebagai salah program pendidikan nonformal pada satuan lembaga pelatihan yang dikemas dengan kegiatan dan permaianan yang menyenangkan tetapi tetap mengedukasi. Pelatihan yang didapat melalui outbound memberikan manfaat kepada para siswa berupa penambahan wawasan peguatan karakter self confidence serta dapat mengembalikan konsentrasi siswa sehingga siap mengikuti kembali pembelajaran kembali di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi pelaksanaan metode belajar outbound dan implementasi metode belajar outbound pada siswa kelas II SDN Tlogomas 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berasal dari hasil wawancara dan observasi. Teknik wawancara informan kepada siswa kelas II SDN Tlogomas 2 guru paguyuban dan fasilitator outbound Taman Dolan sedangkan metode observasi kepada siswa dilakukan dengan mengamati hal-hal terkait latar belakang pemilihan metode belajar outbound metode belajar yang diaplikasikan sarana dan prasarana sekolah media pembelajaran karakter siswa kelas II respon siswa saat proses belajar mengajar berlangsung serta kepada fasilitator outbound Taman Dolan terkait sarana prasarana outbound implementasi berupa praoutbound pelaksanaan hingga evaluasi outbound. Hasil penelitian menunjukkan metode belajar outbound yang memiliki prinsip experiential learning memberikan kesempatan siswa untuk mempelajari objek belajar dengan cara melihat memegang dan mempraktikannya secara langsung sehingga siswa mendapatkan pemahaman lebih mendalam. Implementasi outbound membutuhkan peran aktif siswa dari sesi yel-yel permainan tradisional egrang hula hoop lompat tali layang-layang ketapel engklek congklak outbound training ninja warrior hingga kegiatan edukasi menanam selada air. Pada setiap rangkaian sesi kegiatan outbound terlihat penguatan pada karakter siswa antara lain siswa merasa senang siswa mengeksplor diri pada setiap permainan dan kegiatan edukasi siswa menunjukkan kepercayaan diri mereka jiwa kompetitif kegigihan kemampuan psikomotorik kecermatan kreativitas kemampuan berpikir kritis dan keberanian untuk berbicara di depan teman-temannya. Outbound juga dapat merelaksasi tubuh dan pikiran siswa sebagai pergantian kegiatan dari rutinitas proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274203

Actions (login required)

View Item View Item