Strategi pasangan suami istri dalam menyelesaikan permasalahan keluarga / Lutfiatul Mas'ada - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pasangan suami istri dalam menyelesaikan permasalahan keluarga / Lutfiatul Mas'ada

Mas'ada , Lutfiatul (2022) Strategi pasangan suami istri dalam menyelesaikan permasalahan keluarga / Lutfiatul Mas'ada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sifat setiap individu menjadi sangat berpengaruh dalam menyelesaikan permasalahan. Bagi pasangan suami istri menyelesaian permasalahan yang terjadi di dalam keluarga menjadi sebuah hal wajib guna mempertahankan keharmonisan rumah tangga. Strategi dalam penyelesaian permasalahan keluarga pada setiap pasangan suami istri beragam tergantung cara menyikapi setiap permasalahan yang terjadi dan mencari titik temu terbaik guna menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Gunanya dapat bermanfaat bagi diri sendiri orang tua dan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pasangan suami istri dalam menyelesaikan permasalahan keluarga . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian berjumlah 3 keluarga yang terdiri dari pasangan suami bekerja pasangan istri bekerja pasangan suami istri bekerja. Data dianalisis menggunakan alur analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari kegiatan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) bentuk permasalahan keluarga yang dihadapi pasangan suami istri beragam ada keluarga yang menghadapi kesulitan ekonomi penyesuaian diri dengan keluarga pasangan adanya pihak ketiga yang mencampuri urusan rumah tangga (b) pola komunikasi dalam menyelesaikan permasalahan keluarga menerapkan pola komunikasi terbuka dimana setiap anggota keluarga mempunyai hak yang sama dalam mengungkapkan pendapat dan pola komunikasi terpusat dimana hanya ada satu anggota keluarga yang boleh mengambil keputusan (c) strategi penyelesaian permasalahan keluarga dengan mengatur keuangan keluarga memperbaiki hubungan antara menantu dan orang tua dari pihak istri berdiskusi bersama guna memperbaiki pola komunikasi yang terjalin dalam keluarga. Saran diberikan yaitu (a) bagi pasangan suami istri diperlukan saling pengertian antara suami istri dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan menurunkan intonasi suara menurunkan ego diantara pasangan guna menjaga keharmonisan (b) bagi calon pengantin perlunya mempersiapkan mental yang matang sebelum memutuskan menikah (c) bagi lembaga kua menambah strategi penyelesaian permasalahan sebagai salah satu acuan pembelajaran pra nikah yang diadakan (d) bagi peneliti lain sebaiknya mengembangkan dengan fokus lain pada pola hubungan yang terjalin antara suami istri dengan usia pernikahan yang telah lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274201

Actions (login required)

View Item View Item