Pengaruh penggunaan smartphone terhadap peningkatan prestasi warga belajar paket c pada satuan pendidikan nonformal di Kabupaten Probolinggo / Ali Muhammad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan smartphone terhadap peningkatan prestasi warga belajar paket c pada satuan pendidikan nonformal di Kabupaten Probolinggo / Ali Muhammad

Muhammad, Ali (2022) Pengaruh penggunaan smartphone terhadap peningkatan prestasi warga belajar paket c pada satuan pendidikan nonformal di Kabupaten Probolinggo / Ali Muhammad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan nonformal tumbuh sebagai pengganti penambah dan pelengkap dari pendidikan formal maka seharusnya pendidikan nonformal mampu memberikan pembelajaran kepada masyarakat dengan segala keterbatasan hidupnya. Oleh sebab itu pendidikan kesetaraan hadir di tengah kehidupan masyarakat untuk mengembangkan potensi diri peserta yang tidak hanya menekankan pada aspek pengetahuan saja tetapi juga dari keterampilan vokasional serta pengembangan kepribadian profesional. Diharapkan dengan adanya pendidikan kesetaran di masyarakat agar dapat membantu mengatasi masalah pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi penggunaan smartphone terhadap peningkatan prestasi warga belajar. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain correlative study melalui pendekatan cross sectional. Penelitian kuantitatif dapat dilakukan untuk mencari kuatnya hubungan antar variabel melalui penelitian korelasi. Terdapat dua metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode angket dan dokumentasi. Kemudian untuk mengukur seberapa kuat hubungan yang dihasilkan peneliti menggunakan Rank Spearman dan Crounbach Alpha Reliability. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi Rank Spearman 0 01 yang berarti nilai signifikansi lt 0 05 menunjukan adanya korelasi antar variabel. Sedangkan koefisien korelasi memperoleh nilai 0 600 menunjukan kedua variabel memiliki korelasi yang cukup kuat dan memperoleh nilai positif yang saling berkorelasi. Kemudian nilai reliabilitas yang menggunakan rumus Cronbach Alpha variabel bebas (perilaku penggunaan smartphone) sebanyak 12 item mempunyai nilai sebesar 0 715 dan variabel terikat (peningkatan prestasi belajar) sebanyak 23 item dengan nilai 0 822. Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan perilaku penggunaan smartphone sebagai variabel bebas dalam penelitian yang ditinjau dari segi intensitas minat fungsi dan interaksi menunjukan adanya hubungan positif yang saling berhubungan dengan peningkatan prestasi warga belajar sebagai variabel terikat yang tidak hanya dinilai dari sisi pengetahuan tetapi juga dinilai dari segi kesadaran sikap yang ditunjukan sosial yang dimiliki kemampuan warga belajar religiusitas dan kedisiplinan. Sedangkan saran yang diberikan kepada warga belajar dengan adanya penelitian ini dapat menambah wawasan dan kesadaran penggunaan smartphone khususnya di masa pandemi yang memaksa manusia beraktivitas dari rumah. Bagi lembaga pendidikan nonformal dan tenaga pendidik SKB Kraksaan diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan kebijakan terkait penggunaan smartphone yang senantiasa membimbing mendidik dan memberikan penyuluhan terkait penggunaan smartphone dalam mendukung proses belajar yang menyenangkan dan aman dari ketergantungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274199

Actions (login required)

View Item View Item