Hubungan metode bandongan terhadap kemampuan membaca Kitab Kuning Santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang / Lilik Setiyani Nur Qoriah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan metode bandongan terhadap kemampuan membaca Kitab Kuning Santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang / Lilik Setiyani Nur Qoriah

Qoriah, Lilik Setiyani Nur (2022) Hubungan metode bandongan terhadap kemampuan membaca Kitab Kuning Santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang / Lilik Setiyani Nur Qoriah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Qoriah Lilik Setiyani Nur. 2022. Hubungan Metode Bandongan Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Skripsi. Departemen Pendidikan Luar Sekolah (I) Sopingi Sos. M.Pd (II) Kukuh Miroso Raharjo S.Pd M.Pd Kata kunci Metode Bandongan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Manusia memiliki salah satu ciri yaitu hidup saling berketergantungan antar sesame manusia sehingga mengharuskan manusia hidup bermasyarakat. Dalam kehidupan bermasyarakat banyak kasus yang berhubungan dengan hukum bermunculan yang mana jawabannya terdapat dalam kitab-kitab kuning. Namun permasalahannya kitab kuning memiliki format khas dengan tingkat kesulitas berbeda dengan buku pengetahuan pada umumnya karena kitab kuning tersususn tanda harakat dan berbahasa arab. Berdasarkan hal ini maka sangat diperlukan metode pembelajaran yang sesuai. Metode bandongan adalah metode pembelajaran kitab kuning dimana pengajar yang menerjemahkan serta menerangkan isi kitab kuning. Seorang santri dapat dikatakan mampu membaca kitab kuning apabila memenuhi tiga indikator yakni ketepatan dalam membaca mampu menerjemahkan kitab kuning dan mampu menjelaskan kitab kuning. Pondok pesantren merupakan satuan pendidikan non formal yang fokus pada pendidikan agama islam. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa hal yaitu a). Mengetahui penerapan metode bandongan dalam pembelajaran kitab kuning santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang b). Mengetahui kemampuan membaca kitab kuning santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang c). Mengetahui hubungan metode bandongan terhadap kemampuan membaca kitab kuning santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Variabel pada penelitian ini adalah Metode Bandongan (X) dan Kemampuan Membaca Kitab Kuning (Y). Populasi penelitian ini adalah santri aktif Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang sedangkan Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil perhitungan variable Metode Bandongan (X) yakni mean 27.89 Standar Deviasi 3.000. sedangkan hasil perhitungan variable kemampuan membaca kitab kuning (Y) yakni mean 61.96 Standar Deviasi 15.036. Berdasarkan uji hipotesis (analisis korelatif) menunjukkan bahwa hasil uji korelasi signifikansi 0.000 lt 0.005 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya metode bandongan dan kemampuan membaca kitab kuning memiliki korelasi atau hubungan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan agar metode yang digunakan oleh pengajar kitab kuning lebih diperhatikan lagi serta menjadi motivasi untuk selalu meningkatkan kualitas metode pembelajaran yang digunakan oleh pengajar. Penelitian ini juga mampu menjadi bahan acuan serta bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian selanjutnya. Peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan penelian terkait hubungan metode bandongan dan kemmapuan membaca kitab kuning menjadi berbagai variabel agar diperoleh hasil penelitian yang lebih baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274197

Actions (login required)

View Item View Item