Pengaruh peran fasilitator dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta pelatihan di LKP Bahasa Inggris kecamatan Pare kabupaten Kediri / Maya Evelyn Saptarina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh peran fasilitator dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta pelatihan di LKP Bahasa Inggris kecamatan Pare kabupaten Kediri / Maya Evelyn Saptarina

Saptarina, Maya Evelyn (2022) Pengaruh peran fasilitator dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta pelatihan di LKP Bahasa Inggris kecamatan Pare kabupaten Kediri / Maya Evelyn Saptarina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembaga kursus dan pelatihan merupakan lembaga yang dilaksanakan oleh masyarakat dan untuk masyarakat dengan tujuan agar mereka mampu meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada Lembaga Kursus dan Pelatihan peran fasilitator dan lingkungan belajar menjadi elemen yang penting. Fasilitator pada pendidikan non formal berperan sebagai pendamping atau penyedia fasilitas yang akan mengarahkan setiap warga belajarnya untuk menjadi kesatuan yang memiliki persamaan dalam berproses dan belajar tanpa membeda-bedakan. Lingkungan belajar juga menjadi elemen yang penting dalam mewujudkan motivasi belajar. Motivasi belajar peserta pelatihan akan mengalami peningkatan apabila didukung dengan lingkungan belajar yang baik dari segi sosial maupun non sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran fasilitator dan lingkungan belajar serta untuk mengetahui apakah ada atau tidak adanya pengaruh peran fasilitator dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar di LKP Bahasa Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian kausal komparatif. Populasi pada penelitian ini sebesar 600 peserta pelatihan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling dengan menggunakan persentase 20% dari total populasi sehingga jumlah sampel sebesar 120 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan menggunakan angket dari angket tersebut menghasilkan 16 butir pertanyaan mengenai variabel X1 13 butir pertanyaan mengenai vaaribel X2 dan 17 butir pertanyaan mengenai variabel Y. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa peran fasilitator tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta pelatihan yang dibuktikan dengan taraf sig (0 227 gt 0 05). Sedangkan pada lingkungan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta pelatihan taraf sig (0 001 lt 0 05). Secara simultan peran fasilitator dan lingkungan belajar memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar peserta pelatihan di LKP Bahasa Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri yang dibuktikan dengan nilai p-value (sig.) sebesar 0 000 (lebih kecil dari 0 05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274167

Actions (login required)

View Item View Item