Makna pemberdayaan pemuda pada Bale Rakyat Pamotan (BRP) (studi kasus program Wisata River Tubing di Desa Wisata Pamotan) / MUHAMMAD FATHUR ROBANI - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna pemberdayaan pemuda pada Bale Rakyat Pamotan (BRP) (studi kasus program Wisata River Tubing di Desa Wisata Pamotan) / MUHAMMAD FATHUR ROBANI

Robani, Muhammad Fathur (2022) Makna pemberdayaan pemuda pada Bale Rakyat Pamotan (BRP) (studi kasus program Wisata River Tubing di Desa Wisata Pamotan) / MUHAMMAD FATHUR ROBANI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ldquo RINGKASAN rdquo Robani Muhammad Fathur 2022. ldquo Makna Pemberdayaan Pemuda Pada Bale Rakyat Pamotan (BRP) (Studi Kasus Program Wisata River Tubing Di Desa Wisata Pamotan) Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang rdquo . Pembimbing (1) Prof. Dr. Supriyono M.Pd rdquo (2) ldquo Kukuh Miroso Raharjo S.Pd. M.Pd rdquo Kata Kunci Pemberdayaan pemuda river tubing Pemberdayaan bisa dimaknai sebagai upaya untuk peningkatan potensi dalam pengambilan sebuah keputusan yang berkaitan dengan kemampuan untuk hidup. Selain itu pemberdayaan juga memiliki makna sebagai suatau usaha mengaktualisasikan diri dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan individu atau kelompok dari potensi yang dimiliki sehingga potensi dapat berkembang. BRP (Bale Rakyat Pamotan) merupakan sebuah kelompok peduli wisata yang berada di Desa Wisata Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Kelompok ini di pelopori oleh masyarakat sekitar untuk ikut mengelola dan menjaga alam yang ada di Desa Wisata Pamotan yang merupakan sebuah potensi yang yang layak untuk dikembangkan. BRP mengajak pemuda untuk ikut terlibat aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan dalam hal ini untuk menciptakan kesadaran pemuda dan agar pemuda berdaya. Tujuan penelitian ini ingin mendeskripsikan 1. proses pemberdayaan pemuda 2. Manfaat yang dirasakan pemuda 3. Makna pemberdayaan yang bisa dikontruksi untuk menambah kapasitas pemuda pada program wisata river tubing. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan siklus interaktif. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian memaparkan bahwa proses pemberdayaan pemuda yang dilakukan oleh kelompok BRP kepada pemuda dengan cara sosialisasi pelatihan dan praktik. BRP juga melibatkan pemerintah desa untuk menjalankan kegiatan pemberdayaan pemuda yang kerap dilaksanakan oleh BRP untuk meningkatkan potensi dari pemuda dan agar pemuda memiliki ketertarikan sehingga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan. Berdasarkan hasil dari penelitian peneliti memiliki saran terkait proses pemberdayaan hendaknya komunitas BRP untuk lebih dan meningkatkan lagi akan keterlibatan pemuda dalam setiap kegiatan maupun program yang didadakan di kawasan desa wisata terkhusus di wisata River Tubing yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Desa Wisata Pamotan sebagai bentuk dari pemberdayaan pemuda dan selain itu juga BRP harus mengupayakan untuk setiap pemuda yang tergabung dalam BRP untuk mengikuti pelatihan dan arahan yang kedepanya berguna untuk memajukan river tubing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274161

Actions (login required)

View Item View Item