Implementasi kurikulum muatan lokal pada sekolah menengah di pondok pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang / Septy Rizqiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum muatan lokal pada sekolah menengah di pondok pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang / Septy Rizqiah

Rizqiah, Septy (2012) Implementasi kurikulum muatan lokal pada sekolah menengah di pondok pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang / Septy Rizqiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci implementasi muatan lokal sekolah menengah Pondok Pesantren Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah keunggulan daerah termasuk Bahasa Daerah. Melalui kurikulum muatan lokal dapat dikembangkan kompetensi sesuai dengan ciri khas dan potensi daerah termasuk keunggulan daerah. Substansi muatan lokal dapat ditentukan oleh satuan pendidikan tidak terbatas pada mata pelajaran keterampilan. Hal ini yang mendasari Pondok Pesantren Darul Ulum sebagai satuan pendidikan dalam menentukan Kurikulum Pondok sebagai kurikulum muatan lokal disekolah menengah. Penelitian implementasi muatan lokal ini mencakup perencanaan pelaksanaan evaluasi hasil belajar dan kendala serta solusi dalam implementasi kurikulum muatan lokal. Penelitian dalam implementasi kurikulum muatan lokal pada Sekolah Menengah di Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang ini menggunakan deskripsi kualitatif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober sampai November 2011 pada Sekolah Menengah di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Analisis hasil penelitian diambil dari hasil prosentase dari jawaban yang diperoleh dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya dengan menggunakan instrumen angket yang diberikan kepada guru muatan lokal. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan muatan lokal telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan pada Sekolah Menengah di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Kurikulum Pondok berupa Baca Kitab Fiqih Aqidah Akhlak Bahasa Arab nahwu Shorof dan Qur an Hadist merupakan muatan lokal yang ditetapkan oleh komite pesantren dan wajib diberikan. Dalam pelaksanaan muatan lokal hampir seluruh sekolah telah melaksanakan aspek-aspek proses KBM sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Sedangkan dalam penilaian hasil belajar muatan local untuk menentukan hasil belajar siswa ditentukan menggunakan penilaian acuan norma dan kriteria ketuntasan minimal dalam penilaian hasil belajar muatan lokal diseluruh sekolah adalah 75. Namun Dari hasil penelitian diketahui bahwa pihak sekolah mengalami kesulitan dalam penentuan waktu pembelajaran yang kurang membuat pelaksanaan muatan lokal disekolah tidak bisa optimal biasanya untuk mengatasi hal tersebut guru memberikan tugas untuk dikerjakan di pesantren. Selain itu latar belakang siswa yang berbeda-beda dengan bahasa yang berbeda membuat pelaksanaan kurikulum muatan lokal sedikit terhambat solusi yang diambil adalah memberikan intensif kepada siswa-siswa yang tidak mengerti bahasa jawa dan siswa-siswa yang berkemampuan rendah. Untuk mengatasi ketersediaan waktu yang sedikit perlu dipertimbangkan adannya perencanaan waktu dan materi mana yang perlu disampaikan dan materi mana yang tidak perlu disampaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item