Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam lingkungan sekolah (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Kedemungan 1 Kabupaten Pasuruan) / Putri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam lingkungan sekolah (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Kedemungan 1 Kabupaten Pasuruan) / Putri Wulandari

Wulandari, Putri (2022) Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam lingkungan sekolah (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Kedemungan 1 Kabupaten Pasuruan) / Putri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wulandari Putri. 2022 Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Lingkungan Sekolah di SD Negeri Kedemungan 1 Kabupaten Pasuruan Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP (2) Dr. Juharyanto M.M. M.Pd. Kata Kunci Peran Kepala Sekolah Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Lingkungan Sekolah Pendidikan dan kesehatan memiliki keterkaitan yang erat seperti yang sering kita dengar di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dalam pelaksanaan pembelajaran siswa harus sehat secara jasmani maupun rohani guna mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas seperti yang sudah tertuang dalam (Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1429/MENKES/SK/XII/2006) yang berisi tentang pedoman penyelenggaraan kesehatan lingkungan sekolah dalam mewujudkan sekolah sehat yang utamanya ditujukan untuk jenjang sekolah dasar. Proses tumbuh kembang anak dapat terganggu akibat terpapar suatu penyakit diakibatkan oleh lingkungan yang buruk maupun pengaruh sosial yang tidak aman bagi anak dan kemudian akanmempengaruhi prestasi belajar anak. Oleh karena itu sekolah harus dapat menjamin ketersediaan lingkungan yang sehat aman dan nyaman bagi setiap anak serta menyediakan layanan kesehatan komprehensif yang akan membantu setiap anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Penelitian ini membahas terkait 1) tujuan implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah 2) peran kepala sekolah dalam implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah 3) sarana dan prasarana penunjang implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah dan 4) peran guru stakeholder dan warga sekolah dalam implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni melalui pendekatan secara kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dimana peneliti mendapatkan informasi melalui kegiatan wawancara yang melibatkan kepala sekolah guru kelas 4 kelas 5 siswa dan juga wali murid selain itu juga adanya kegiatan observasi atau pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dan di dukung oleh dokumen baik didapatkan pada saat kegiatan observasi maupun dokumen yang dimiliki oleh pihak sekolah. Temuan penelitian ini meliputi 1) tujuan dari implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah ialah untuk menanamkan kebiasaan perduli akan kebersihan dan kesehatan diri sendiri dan lingkungan bagi siswa sejak dini yang di harapkan dapat menjadi kebiasaan baik yang dapat dibawa hingga mereka dewasa 2) peran kepala sekolah dalam implementasi perilaku hidup bersih (PHBS) di lingkungan sekolah dimana kepala sekolah melakukan tugas dan perannya sesuai dengan tupoksinya yakni sebagai educator manager administrator supervisor leader inovator dan juga motivator bagi para pengikutnya 3) SDN Kedemungan 1 sudah berupaya untuk memenuhi serta memaksimalkan sarana dan prasarana yang dimiliki guna terselenggaranya progam implementasi PHBS di lingkungan sekolah seperti adanya tempat mncuci tangan kantin sehat toilet taman hijau di depan kelas ruang UKS serta pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik pada setiap ruangan dan 4) terkait peran serta guru dimana dalam hal ini guru berperan tidak hanya sebagai educator namun juga sebagai contoh dan role model bagi siswa dalam menjalankan suatu hal selain itu stakeholders juga berperan sebagai pendukung keberlangsungan program seperti yang dilakukan oleh Puskesmas Ambal-Ambil dan juga PT. Nestle. Peran wali murid dan masyarakat sekitar dapat dilihat dari adanya dukungan dari masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan yang terdapat dalam program implementasi PHBS di lingkungan sekolah yang tentunya membantu program tersebut untuk berjalan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273980

Actions (login required)

View Item View Item