Perwujudan kompetensi Kepala Sekolah (studi kasus di SMA Negeri 1 Kota Pasuruan) / Putri Itsna Farah Maulida - Repositori Universitas Negeri Malang

Perwujudan kompetensi Kepala Sekolah (studi kasus di SMA Negeri 1 Kota Pasuruan) / Putri Itsna Farah Maulida

Maulida, Putri Itsna Farah (2022) Perwujudan kompetensi Kepala Sekolah (studi kasus di SMA Negeri 1 Kota Pasuruan) / Putri Itsna Farah Maulida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah merupakan tempat yang dominan di lembaga pendidikan untuk mendukung kualitas sumber daya manusia sebagai tolak ukur peningkatan mutu pendidikan dari berbagai aspek untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas karena keberhasilan sekolah ini bergantung pada kemampuan pimpinan dalam mengelola mengatur proses belajar mengajar agar terciptanya suasana yang kondusif serta bertanggung jawab atas pembinaan pengawas pengelola memajukan menggunakan pemeliharaan sarana dan prasarana program sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Fokus penelitian ini adalah (1) perwujudan kompetensi kepribadian kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kota Pasuruan (2) perwujudan kompetensi manajerial kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kota Pasuruan (3) perwujudan kompetensi kewirausahaan kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kota Pasuruan (4) perwujudan kompetensi supervisi kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kota Pasuruan (5) perwujudan kompetensi sosial kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kota Pasuruan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis studi yang digunakan adalah studi kasus. Kehadiran peneliti bertindak sebagai instrument kunci. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Pasuruan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) sumber data primer dan (2) sumber data sekunder. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian yang dilakukan dengan menggunakan tiga teknik yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data kemudian dilakukan dengan mengumpulkan data reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menguji empat kriteria yaitu (1) Kredibilitas (2) Keteralihan (3) Ketergantungan (4) Kepastian. Tahap-tahap penelitian yang dilalui oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu (1) tahap pra lapangan (2) tahap pendahuluan (3) tahap penyusunan proposal (4) tahap pelaksanaan (5) tahap penyusunan laporan dan (6) tahap penguji laporan. Simpulan penelitian yaitu perwujudan kompetensi kepala sekolah yang dilakukan kepala sekolah ada lima kompetensi antara lain kompetensi kepribadian kompetensi manajerial kompetensi kewirusahaan kompetensi supervisi dan kompetensi sosial yang sesuai dengan peraturan yang ada. Bentuk perwujudan kompetensi kepala sekolah antara lain kepala sekolah menanamkan sikap yang patut diteladani oleh seluruh warga sekolah mendayagunakan kegiatan yang telah direncanakan secara optimal menciptakan inovasi dalam pengembangan sekolah kepala sekolah harus membuat program supervisi oleh program persiapan kepala sekolah (PPKS) serta mengevaluasi pihak ekternal sebelum mereka mempersiapkan diri secara internal kemudian program supervisi harus ada jadwalnya kepala sekolah ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan untuk mengayomi seluruh warga sekolah. Strategi perwujudan kompetensi kepala sekolah antara lain kepala sekolah mengembangkan potensinya dalam melakukan pekerjaannya kepala sekolah mengelola dan mengatur program sekolah kepala sekolah menyusun perencanaan program kewirausahaan meningkatkan kompetensi supervisi sesuai dengan kebutuhan sekolah kepala sekolah berkomunikasi secara efektif dengan anggotanya dalam pekerjaannya. Faktor perwujudan kompetensi kepala sekolah antara lain keterbukaan antar anggota keterbatasan sarana dan prasarana kerja sama motivasi optimalisasi SDM yang ada. Hasil perwujudan kompetensi kepala sekolah antara lain keberhasilan kepemimpinan ditentukan oleh sifat kepribadian tersebut pemimpin dikatakan efektif apabila memiliki sifat-sifat kepribadian yang baik modifikasi program sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan mempersiapkan rencana program sekolah yang direncanakan memiliki kontrak kerja sama dengan MOU dalam pelaksanaan program kewirausahaan kepala sekolah memiliki sifat mengayomi anggota dalam melaksanakan pekerjaannya untuk menjaga hubungan baik dengan pihak internal maupun pihak eksternal. Berdasarkan simpulan penelitian dapat disarankan kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Pasuruan diharapkan pengelolaan pendidikan di sekolah dapat berjalan dengan baik dalam mencapai visi misi dan tujuan sekolah dan dapat memperbaiki finansial di sekolah tersebut serta Kepala Dinas dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur menjalin komunikasi yang lebih intensif dalam pembuatan kebijakan agar tidak ada kesalah pahaman (2) Kepala SMA Negeri 1 Kota Pasuruan diharapkan sebaiknya sebagai acuan kepala sekolah dalam perwujudan kompetensi kepala sekolah dengan mengedalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaannya dan senantiasa menjalin komunikasi yang lebih intensif lagi kepada seluruh anggota untuk mengatasi adanya miscommunication dan kesalah pahaman yang kemungkinan dapat terjadi (3) Komite sekolah diharapkan senantiasa ikut berperan sebagai wadah aspirasi warga sekolah dalam mengelola program sekolah yang telah direncanakan untuk mencapai visi misi dan tujuan sekolah dengan baik (4) Seluruh Tenaga Administrasi sekolah senantiasa memperluas jaringan komunikasi antar warga sekolah untuk meminimalisir permasalahan dapat diselesaikan bersama dan bekerjasama sebagai wadah pelayanan prima dalam pengelolaan pendidikan (5) Seluruh Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Pasuruan diharapkan dapat mengelola program sekolah yang direncanakan mengontrol program sekolah yang direncanakan dengan bertanggung jawab dan bekerjasama agar mencapai visi misi dan tujuan sekolah (6) Guru SMA Negeri 1 Kota Pasuruan sebaiknya senantiasa dapat ikut berpartisipasi dalam pengelolaan sekolah. Dengan begitu guru dapat mendukung perwujudan kompetensi kepala sekolah sehingga dapat meminimalisir masalah yang dihadapi dapat diatasi secara bersama dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya (7) Peserta didik SMA Negeri 1 Kota Pasuruan sebaiknya senantiasa dapat ikut partisipan untuk mengelola perwujudan kompetensi kepala sekolah SMA Negeri 1 Kota Pasuruan dalam mencapai prestasi dan mengeluarkan aspirasi-aspirasi untuk kemajuan sekolah (8) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang diharapkan hasil penelitian yang diperoleh di lapangan dan vii dikemas ke dalam karya ilmiah ini kiranya dapat menambah referensi dan rujukan tentang perwujudan kompetensi kepala sekolah. Selain itu alangkah lebih baiknya jika pihak jurusan dapat terus bekerjasama dengan pihak sekolah untuk memediasi pengetahuan dan wawasan yang baru dan lebih kompleks ke pihak sekolah (9) Peneliti lain diharapkan karya ilmiah ini sebaiknya dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain untuk memperluas pengetahuan dan informasi mengembangkan penelitian yang lebih luas mengembangkan kegiatan penelitian dan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai perwujudan kompetensi kepala sekolah sebagai kajian yang lebih baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273968

Actions (login required)

View Item View Item