Manajemen strategis kepala sekolah dalam pelaksanaan Sekolah Adiwiyata Nasional (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Percobaan 2 Malang) / Ris'i Ida Mar'ati - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen strategis kepala sekolah dalam pelaksanaan Sekolah Adiwiyata Nasional (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Percobaan 2 Malang) / Ris'i Ida Mar'ati

Mar'ati, Ris'i Ida (2022) Manajemen strategis kepala sekolah dalam pelaksanaan Sekolah Adiwiyata Nasional (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Percobaan 2 Malang) / Ris'i Ida Mar'ati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan kegiatan di sekolah dalam rangka mencapai tujuan sekolah dilakukan secara strategis dengan menggunakan manajemen strategis sebagai pendekatan manajemen. Manajemen strategis adalah serangkaian tindakan atau keputusan berdasarkan beberapa proses strategis yang ditujukan untuk mencapai tujuan dan keberhasilan lembaga pendidikan. Pelaksanaan kegiatan di sekolah adiwiyata tentunya memerlukan kebijakan strategis agar dapat mencapai tujuan secara strategis serta efektif dan efisien. Sehingga kepala sekolah sebagai pengelola atau manager pendidikan harus memiliki strategi atau kebijakan yang diterapkan untuk pelaksanaan kegiatan adiwiyata kedepannya. Kepala Sekolah SD Negeri Percobaan 2 telah melakukan pendekatan manajemen strategis dalam pelaksanaan kegiatan sekolah adiwiyata melalui beberapa tahapan antara lain analisis lingkungan perumusan strategi implementasi strategi evaluasi dan pengendalian. Semua proses tersebut dilaksanakan untuk pelaksanaan kegiatan sekolah adiwiyata di SDN Percobaan 2 Malang. Fokus penelitian adalah pada kegiatan manajemen strategis yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengimplementasikan sekolah adiwiyata dan dibatasi pada proses manajemen strategis (1) analisis lingkungan oleh kepala sekolah di sekolah adiwiyata (2) perumusan strategi kepala sekolah dalam pelaksanaan program sekolah adiwiyata (3) pelaksanaan strategi program kepala sekolah di sekolah adiwiyata dan (4) evaluasi dan kontrol kepala sekolah dalam pelaksanaan program adiwiyata. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tahapan analisis lingkungan yang dilakukan oleh kepala sekolah pada sekolah adiwiyata (2) mendeskripsikan rumusan strategi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah adiwiyata nasional (3) menjelaskan pelaksanaan strategi program sekolah adiwiyata oleh kepala sekolah dalam mencapai sekolah adiwiyata nasional dan (4) mendeskripsikan proses evaluasi dan pengendalian pelaksanaan program kegiatan adiwiyata oleh kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi yang mengambil studi kasus di SDN Percobaan 2 Malang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa langkah yaitu pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen strategis telah dilaksanakan secara efektif dengan melibatkan langkah-langkah (1) analisis lingkungan yang menyangkut aspek internal serta sumber daya keterampilan dan kompetensi yang dianalisis menggunakan model tabel SWOT (2) perumusan strategi dilakukan melalui penetapan visi misi tujuan sasaran dan kebijakan program 1 dan 4 tahun (3) pelaksanaan strategis yang dilakukan oleh sekolah meliputi perumusan kebijakan berdasarkan model hasil analisis partisipatif (4) evaluasi dan pengendalian yang dilakukan oleh sekolah yaitu dengan pengendalian atau pemantauan kemudian diadakan rapat evaluasi yang diadakan setiap awal/akhir semester tindak lanjut perbaikan untuk memecahkan masalah dan hasil yaitu perubahan perilaku warga sekolah dan perubahan lingkungan fisik sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka saran yang diberikan peneliti kepada berbagai pihak adalah (1) Kepala SDN Percobaan 2 Malang berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pihak sekolah kepala sekolah sudah baik dalam melaksanakan kegiatan manajemen strategis namun ada hal yang perlu ditingkatkan yaitu tingkat partisipasi warga sekolah kemudian perbaikan dan pemeliharaan fasilitas penunjang kegiatan adiwiyata seperti taman hidroponik instalasi air/kolam dan lain-lain. Sedangkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk meningkatkan penerapan manajemen strategis dalam pelaksanaan kegiatan adiwiyata di sekolah sesuai dengan tahapan atau proses manajemen strategis yang ada (2) Pendidik dan Pendidik SDN Percobaan 2 Malang dengan menggunakan Conservation-based Learning dalam pelaksanaan kegiatan adiwiyata sangat efektif untuk mengembangkan sikap partisipatif dan kreatifitas siswa dalam hal ini sebaiknya guru menggunakan metode pembelajaran ini karena tidak semua kelas menggunakan metode pembelajaran CBL serta untuk meningkatkan pemahaman pendidikan staf mengenai manajemen strategis kepala sekolah (3) Mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk judul penelitian selanjutnya mengenai manajemen strategis kepala sekolah dan (4) Selanjutnya hasil penelitian ini mungkin memiliki kelemahan untuk itu terbatas pada satu situs penelitian. Namun peneliti berharap temuan ini dapat dijadikan acuan tentang manajemen strategis yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan program sekolah di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273967

Actions (login required)

View Item View Item