Bauran pemasaran sekolah yang dipertimbangkan siswa dalam memilih sma berbasis islam di kabupaten jombang / Fataku Rofik - Repositori Universitas Negeri Malang

Bauran pemasaran sekolah yang dipertimbangkan siswa dalam memilih sma berbasis islam di kabupaten jombang / Fataku Rofik

Rofik, Fataku Rofik (2022) Bauran pemasaran sekolah yang dipertimbangkan siswa dalam memilih sma berbasis islam di kabupaten jombang / Fataku Rofik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era Globalisasi membawa istilah pemasaran pada tataran disiplin ilmu yang lebih luas sebelumnya mungkin hanya dikenal pada ruang lingkup bisnis. Namun terminologi pemasaran saat ini juga berkembang di dunia pendidikan. Terdapat lima tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan pertimbangan siswa terhadap program pendidikan dalam memilih sekolah berbasis Islam di Kabupaten Jombang (2) mendeskripsikan pertimbangan siswa terhadap biaya dalam memilih sekolah berbasis Islam di Kabupaten Jombang (3) mendeskripsikan pertimbangan siswa terhadap promosi dalam memilih sekolah berbasis Islam di Kabupaten Jombang (4) mendeskripsikan pertimbangan siswa terhadap tempat dalam memilih sekolah berbasis Islam di Kabupaten Jombang dan (5) mendeskripsikan pertimbangan lain yang dilakukan siswa dalam memilih sekolah berbasis Islam di Kabupaten Jombang. Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik yang berasal dari SMA berbasis Islam di Kabupaten Jombang sebanyak 13499 siswa dari 71 sekolah. Sampel yang digunakan dihitung berdasarkan arah mata angin letak sekolah yang diperoleh hasil yakni 388 peserta didik untuk menjadi responden dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket secara langsung kepada responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil temuan menunjukkan bahwa bauran pemasaran sekolah tergolong dalam kategori sedang yang dikonfirmasi oleh persentase analisis statistik deskriptif yakni 62 6% dan nilai rata-rata 83 71. Berikutnya pertimbangan lainnya yang ditentukan oleh siswa dalam memilih sekolah berbasis Islam mendapat nilai rata-rata sebesar 34 01 hal ini dikategorikan tinggi dengan persentase sebesar 52 8%. Berikutnya berdasarkan hasil pengujian analisis deskriptif diketahui bahwa faktor pendukung bauran pemasaran yang paling dipertimbangkan oleh siswa dalam memilih sekolah yakni program pendidikan (61%) kategori sedang biaya (59 5%) kategori tinggi promosi (48 2%) kategori sedang dan tempat (69 8%) kategori sedang. Atas beberapa temuan tersebut maka implikasi penelitian ini adalah pihak sekolah harus terus proaktif untuk meningkatkan kegiatan positif sebagai upaya meningkatkan reputasi dan daya tarik calon siswa dan orang tua siswa. Selain itu pihak sekolah juga harus mulai memperhatikan kualitas teknik pemasaran yang meliputi program pendidikan biaya tempat dan promosi. Berikutnya bagi orang tua siswa dalam menentukan sekolah tidak hanya percaya pada strategi pemasaran yang dilakukan sekolah saja. Namun hendaknya juga mempertimbangkan beberapa faktor seperti biaya pelayanan yang diberikan karyawan atau guru program-program pengembangan diri yang tersedia kenyamanan dan tempat sekolah serta fasilitas yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273965

Actions (login required)

View Item View Item