Sistem penerimaan peserta didik baru berbasis website pada SMA Swasta (studi kasus di SMA Taruna Dra. Zulaeha Probolinggo) / Mochammad Sandy - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem penerimaan peserta didik baru berbasis website pada SMA Swasta (studi kasus di SMA Taruna Dra. Zulaeha Probolinggo) / Mochammad Sandy

Sandy, Mochammad (2022) Sistem penerimaan peserta didik baru berbasis website pada SMA Swasta (studi kasus di SMA Taruna Dra. Zulaeha Probolinggo) / Mochammad Sandy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Atas Taruna Dra. Zulaeha Probolinggo merupakan sekolah yang menerapkan sistem peserta didik berbasis website resmi SMA Taruna Dra. Zulaeha Probolinggo. Sebelum tahun ajaran baru SMA Taruna Dra Zulaeha Probolinggo sudah mempersiapkan kebutuhan pada saat penerimaan peserta didik baru seperti pembentukan panitia pemberitahuan informasi pada website hingga persyaratan yang menyesuiakan dari peraturan yang berlaku. Berdasarkan observasi lapangan SMA Taruna Dra. Zulaeha Probolinggo memaksimalkan penggunaan website pada PPDB yang bertujuan untuk mengikuti era revolusi industri 4.0 serta mempermudah antara pihak sekolah dan masyarakat. Pendaftaran pada SMA Taruna Dra. Zulaeha dibuka sejak bulan Desesmber sampai bulan Juni dan terdapat empat gelombang penerimaan untuk gelombang yang pertama biasanya di khususkan untuk calon siswa SMP Taruna Dra. Zulaeha yang merupakan satu lingkup dan untuk gelombang yang kedua sampai yang keempat dibuka untuk masyarakat umum. Sistem yang digunakan dalam PPDB sepenuhnya dapat diakses secara online yang dapat membedakan SMA Taruna dengan sekolah swasta dan negeri oleh sebab itu banyak calon siswa yang berasal dari luar kota. Maka peneliti tertarik dalam melakukan penelitian sistem penerimaan peserta didik baru berbasis website di SMA Taruna Dra. Zulaeha Probolinggo. Fokus penelitian ini adalah (1) Pentingnya website dalam sistem penerimaan peserta didik baru di SMA Taruna Dra. Zulaeha (2) Cara penggunaan website sekolah dalam sistem penerimaan peserta didik baru di SMA Taruna Dra. Zulaeha (3) Kendala yang dialami panitia pada sistem penerimaan peserta didik baru berbasis website di SMA Taruna Dra. Zulaeha (4) Kendala yang dialami calon peserta didik pada sistem penerimaan peserta didik baru berbasis website di SMA Taruna Dra. Zulaeha. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan melalui pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dipakai yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam observasi dan dokumentasi. Lalu analisis data dilkaukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pengecekan keabsahan data peneliti menerapkan ketekunan pengamatan dan pengecekan informan (member checks). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pentingnya website dalam sistem penerimaan peserta didik baru di SMA Taruna Dra. Zulaeh. Penerimaan peserta didik baru melalui website di SMA Taruna Dra. Zulaeha sangat penting dan merupakan inovasi pendidikan dalam menggunakan media teknologi. Penerapan PPDB melalui website dapat memudahkan sekolah calon peserta didik dan orang tua dalam segi tempat waktu dan biaya. Pada saat penerimaan peserta didik baru calon peserta didik dan orang tua tidak perlu datang ke sekolah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Sekolah juga dapat menghemat biaya karena media promosi juga dapat dilakukan pada website sehingga mengurangi pengeluaran cetak pamflet brosur banner dan formulir. Penginputan data peserta didik juga dapat lebih rapi dan mudah dengan mengunduh pada website. Tenaga pelayanan yang bertugas juga tidak sebanyak pendaftaran secara luring sehingga dapat menghemat tenaga pelayanan (2) Cara penggunaan website sekolah dalam sistem penerimaan peserta didik baru di SMA Taruna Dra. Zulaeha dengan menyiapkan tenaga ahli IT yang berjumlah 9 orang yang diharap dapat memudahkan dalam berkoordinasi. Cara pendafataran juga terdapat pada website sehingga calon peserta didik dan orang tua tinggal mengikuti langkah-langkah yang tertera pada website. Pendafataran PPDB di SMA Taruna Dra. Zulaeha dibuka sejak bulan Desember 2021 sampai bulan April 2022 sehingga diharapkan dapat menjaring calon peserta didik sesuai dengan kuota yang telah direncanakan. Setelah melalukan pendaftaran pada website calon peserta didik akan mengikuti seleksi ujian masuk. Setelah melakukan seleksi ujian masuk dapat menunggu pengumuman pada website dan jika diterima dapat melakukan daftar ulang dengan datang langsung ke sekolah (3) Kendala yang dialami panitia pada sistem penerimaan peserta didik baru berbasis website di SMA Taruna Dra. Zulaeha yaitu terdapat beberapa panitia yang kurang paham terkait website sehingga pelu dilakukan pelatihan jaringan internet pada sekolah yang kurang mendukung sehingga Kepala sekolah perlu melakukan penambahan sehingga dalam proses PPDB dapat berjalan dengan lancar waktu pemantauan pada website harus lebih ekstra karena PPDB melalui website dibuka selama 24 penuh terdapar 2 tupoksi pada salah satu guru sehingga menyebabkan tidak fokus pada PPDB kendala saat melakukan promosi yang disebabkan kurang koordinasi dengan pihak SMP harus mampu bersaing dengan sekolah negeri dengan menciptakan lulusan yang bermutu agar mampu menarik minat orang tua dan calon peserta didik. (4) Kendala yang dialami calon peserta didik pada sistem penerimaan peserta didik baru berbasis website di SMA Taruna Dra. Zulaeha yaitu tidak memiliki perangkat dalam melakukan pendaftaran sehingga perlu adanya bantuan dari sekolah dalam melakukan pendafatran kurang paham terkait langkah-langkah yang terdapat pada website sehingga perlu menghubungi pihak sekolah sering salah dalam melakukan input data yang akan menghambat pada proses pendafataran dan harus konfirmasi pada pihak sekolah untuk membetulkan sering lupa tidak mengirim terlebih dahulu pada email sehingga tidak bisa login kembali pada halaman PPDB. Berdasarkan kesimpulan penelitian dapat disarankan kepada (1) Kepala SMA Taruna Dra. Zulaeha disarankan dapat melakukan pemantauan PPDB melalui website karena waktu pendafataran selama 24 penuh dan dapat memotivasi pantia agar bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sehingga PPDB dapat berjalan sesuia dengan rencana dan lebih baik (2) Ketua Pelaksana PPDB Taruna Dra. Zulaeha disarankan dapat memberikan pengarahan bagi panitia yang bertugas dalam PPDB dan dapat membantu peserta didik dalam menghadapi kendala karena nomor kontak yang tertera pada website merupakan nomor ketua pelaksana (3) Bendahara Pelaksana PPDB Taruna Dra. Zulaeha disarankan dapat membantu dalam melakukan pendataan calon peserta didik karena nomor unik pada pembayaran merupakan nomor urut pendaftar (4) Seksi pendaftaran PPDB Taruna Dra. Zulaeha disarankan dapat melakukan inovasi terkait website agar kedepannya PPDB melalui website dapat lebih baik sehingga dapat memudahkan calon peserta didik dan orang tua (5) Seksi Publikasi dan Dokumentasi PPDB Taruna Dra. Zulaeha disarankan dapat memberikan inovasi terkait informasi PPDB dan branding sekolah pada website dan menarik minat calon peserta didik dalam mendaftar (6) Seksi Ujian PPDB Taruna Dra. Zulaeha disarankan dapat membantu seleksi calon peserta didik karena sekolah tidak hanya memerlukan kuantitas tetapi juga kualitas peserta didik dalam menciptakan siswa yang berprestasi dan lulusan yang bermutu (7) Seksi Daftar Ulang PPDB Taruna Dra. Zulaeha disarankan dapat melayani calon peserta didik dan orang tua secara maksimal sehingga citra sekolah akan dipandang baik dan menciptakan hubungan baik antara sekolah dengan calon peserta didik dan orang tua (8) Guru dalam kepanitian PPDB Taruna Dra. Zulaeha disarankan dapat meningkatakan kompentsi terkait teknologi sehingga pelaksanaan PPDB melalui website dapat berjalan baik (9) Calon peserta didik dan orang tua disarankan lebih teliti dalam mengikuti langkah-langkah pendafataran pada website sehingga meminimalisir kesalahan dan bertanya pada pantia apabila merasa bingung (10) Peneliti lain disarankan peneliti lain dapat mengembangkan kegiatan penelitian ini dengan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai Manajemen Peserta Didik Berbasis Online guna menciptakan inovasi baru penerimaan peserta didik baru melalui website dari penelitian yang telah dilaksanakan menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273962

Actions (login required)

View Item View Item