Upaya mewujudkan profil pelajar pancasila berbasis budaya lokal suku tengger (studi kasus di sd negeri 2 ngadas kabupaten malang) / Selly Anggraita - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya mewujudkan profil pelajar pancasila berbasis budaya lokal suku tengger (studi kasus di sd negeri 2 ngadas kabupaten malang) / Selly Anggraita

Anggraita, Selly Anggraita (2022) Upaya mewujudkan profil pelajar pancasila berbasis budaya lokal suku tengger (studi kasus di sd negeri 2 ngadas kabupaten malang) / Selly Anggraita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila berbasis budaya lokal suku Tengger merupakan sebuah proses untuk mewujudkan peserta didik yang berkarakter dengan didasari oleh nilai-nilai dan kebudayaan yang berkembang pada suatu suku serta nilai yang dikembangkan disesuaikan dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang sekarang ini wajib diwujudkan. Tujuan penelitian ini antara lain mendeskripsikan (1) nilai-nilai budaya lokal suku Tengger sebagai dasar mewujudkan Profil Pelajar Pancasila berbasis budaya lokal suku Tengger di SD Negeri 2 Ngadas Kabupaten Malang (2) bentuk-bentuk kegiatan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 2 Ngadas Kabupaten Malang (3) Strategi mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang berbasis budaya lokal suku Tengger di SD Negeri 2 Ngadas Kabupaten Malang (4) faktor pendorong mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 2 Ngadas Kabupaten Malang (5) faktor penghambat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri 2 Ngadas Kabupaten Malang. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan penelitian adalah studi kasus. Lokasi penelitian berlatar di SD Negeri 2 Ngadas Kabupaten Malang. Informan kunci penelitian ini adalah kepala sekolah dan didukung dengan guru peserta didik dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan studi dokumenter. Analisis data yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya data yang diperoleh dilakukan keabsahan data dengan uji kredibilitas dengan cara triangulasi pengecekan anggota perpanjangan waktu dan meningkatkan ketekunan serta dengan melakukan uji transferabilitas. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan antara lain (1) SD Negeri 2 Ngadas Kabupaten Malang mewujudkan Profil Pelajar Pancasila berdasarkan nilai-nilai budaya lokal suku Tengger dengan proses pengembangan karakter melalui pengenalan nilai penerapan nilai dan menjadi kebiasaan (2) bentuk-bentuk kegiatan berbasis budaya lokal suku Tengger yaitu Kasada dan Karo. Selain itu di sekolah bentuk kegiatan di luar jam pelajaran berupa mengaji sholat zuhur berjamaah dan Sabtu bersih sedangkan di jam pelajaran berupa penerapa nilai budaya lokal suku Tengger dan Profil Pelajar Pancasila (3) Sekolah mengadopsi kegiatan budaya lokal suku Tengger dengan strategi perizinan/dispensasi dan pulang pagi. Sedangkan keterlibatan guru adalah dengan mengikuti kegiatan budaya lokal suku Tengger dan silaturahmi (4) faktor pendorong internal mewujudkan Profil Pelajar Pancasila adalah guru domisili warga sekolah kental vi dengan budayanya dan kesadaran peserta didik sedangkan faktor pendorong eksternal dari pengembangan nilai karakter adalah dukungan orang tua dukungan masyarakat dan perkembangan teknologi (5) faktor penghambat internal mewujudkan Profil Pelajar Pancasila adalah peserta didik sering bermain handphone keterbatasan sarana dan prasarana sedangkan faktor penghambat eksternal dari pengembangan nilai karakter adalah arus globalisasi lingkungan masyarakat dan pendapatan perkapita. Berdasarkan penelitian maka saran dari peneliti kepada (1) Kepala SD Negeri 2 Ngadas Kabupaten Malang untuk dijadikan acuan ketika hendak menambah bentuk-bentuk kegiatan (2) Guru SD Negeri 2 Ngadas Kabupaten Malang untuk dijadikan referensi dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (3) Mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan dapat digunakan sebagai bahan referensi saat menempuh mata kuliah dan menyusun skripsi dan (4) Peneliti lain untuk memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai pengambilan data dalam menyusun makalah artikel maupun karya tulis lainnya serta digunakan sebagai acuan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273960

Actions (login required)

View Item View Item