Analisis pendisiplinan siswa dalam kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Tumpang pada masa pandemi / Devie Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pendisiplinan siswa dalam kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Tumpang pada masa pandemi / Devie Kurniasari

Kurniasari, Devie (2022) Analisis pendisiplinan siswa dalam kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Tumpang pada masa pandemi / Devie Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disiplin siswa merupakan sebuah wujud dari pertumbuhan karakter pada siswa yang tidak secara langsung tumbuh pada diri siswa dikarenakan disiplin tumbuh melalui latihan pendidikan dan penanaman kebiasaan yang harus dimulai sejak dini sejak usia muda dimulai dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang semakin lama semakin menyatu dalam dirinya dengan bertambahnya usia. Penanaman kebiasaan pada lingkungan sekolah diberikan langsung oleh guru dan teman sebaya. Dalam menanamkan kebiasaan terdapat teknik dan alat yang digunakan guru untuk mewujudkan sikap disiplin siswa pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) gambaran kegiatan pembelajaran pada masa pandemi (2) teknik pendisiplinan siswa (3) alat yang mendisiplinkan siswa (4) hambatan dan solusi dalam mendisiplinkan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus di SMAN 1 Tumpang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek melalui triangulasi ketekunan pengamatan dan pengecekan anggota. Hasil penelitian ini meliputi (1) gambaran kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Tumpang pada masa pandemi yaitu pembelajaran secara terstruktur ekstrakurikuler terbatas dan mandiri (2) teknik pendisiplinan siswa yang diberikan guru SMAN 1 Tumpang dengan pendisiplinan dengan hukuman dan pendisiplinan dengan motivasi (3) alat penguatan pendisiplinan siswa yang diterapkan di SMAN 1 Tumpang yaitu tata tertib sekolah peringatan hukuman dan penghargaan (4) hambatan dan solusi dalam medisiplinkan siswa di SMAN 1 vii Tumpang pada masa pandemi yaitu gangguan jaringan dan karakter siswa yang berbeda-beda dapat diatasi dengan bimbingan berupa pembinaan kelas. Dalam mendisiplinkan siswa juga terdapat hal-hal yang mendukung yaitu keluarga guru dan teman sebaya. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) Kepada kepala sekolah melakukan evaluasi secara rutin untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan mempertimbangkan hasil penelitian skripsi ini (2) Kepada guru atau wali kelas menyesuaikan penggunaan teknik pendisiplinan yang diberikan pada siswa (3) Kepada orangtua atau wali murid orangtua dapat memberikan contoh dan meningkatkan partisipasinya dalam pembentukan sikap disiplin serta terus memantau perkembangan anak di sekolah baik datang langsung ke sekolah maupun menghubungi guru (4) Kepada peneliti selanjutnya penelitian yang sejenis perlu dikembangkan menjadi lebih baik lagi agar mempunyai terobosan baru dan dapat menjadi bahan kajian peneliti lain (5) Kepada dekan fakultas penelitian mengenai manajemen siswa dalam membentuk kedisiplinan pada siswa perlu ditambah sebagai bahan kepustakaan Fakultas maupun perpustakaan Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273958

Actions (login required)

View Item View Item