Penerapan total quality management dalam meningkatkan daya saing (studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Malang) / Taris Maulida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan total quality management dalam meningkatkan daya saing (studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Malang) / Taris Maulida

Maulida, Taris (2022) Penerapan total quality management dalam meningkatkan daya saing (studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Malang) / Taris Maulida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Total Quality Management (TQM) yang diterapkan dalam dunia pendidikan merupakan pendekatan manajemen dengan berfokus pada siswa dan masyarakat sebagai pelanggan serta upaya untuk meningkatkan kualitas secara berkelanjutan melalui keterlibatan seluruh sumber daya. Penerapan TQM yang baik dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan daya saing dari suatu lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini antara lain mendeskripsikan (1) bidang dan indikator daya saing yang hendak ditingkatkan di MTsN 1 Kota Malang melalui penerapan Total Quality Management (TQM) (2) tahapan penerapan Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan daya saing di MTsN 1 Kota Malang (3) faktor pendukung dan upaya mendayagunakan penerapan Total Quality Management (TQM) di MTsN 1 Kota Malang (4) faktor penghambat dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan penerapan Total Quality Management (TQM) di MTsN 1 Kota Malang (5) capaian daya saing MTsN 1 Kota Malang pasca penerapan Total Quality Management (TQM). Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis rancangan penelitian adalah studi kasus. Lokasi penelitian berlatar di MTsN 1 Kota Malang dengan kehadiran peneliti selama beberapa kali. Sumber data diperoleh dengan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara dan media. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Informasi yang diperoleh berkaitan dengan penerapan TQM di MTsN 1 Kota Malang dalam upaya meningkatkan daya saing. Selanjutnya informasi tersebut menjadi bahan dalam analisis data yang dilakukan dengan tahapan mulai dari pengumpulan data kondensasi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Setelah itu data tersebut dilakukan uji keabsahan melalui uji kredibilitas dengan cara triangulasi pengecekan anggota perpanjangan waktu pengamatan dan meningkatkan ketekunan serta uji transferabilitas. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan mengenai penelitian ini antara lain (1) bidang yang hendak ditingkatkan di MTsN 1 Kota Malang melalui penerapan TQM adalah IMTAQ dan IPTEK. Sedangkan indikatornya adalah menjadi madrasah pilihan masyarakat dan mutu lulusan yang baik. Bidang dan indikator ini berkaitan dengan daya saing (2) tahapan penerapan TQM dalam meningkatkan daya saing di MTsN 1 Kota Malang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan (3) faktor pendukung dari penerapan TQM di MTsN 1 Kota Malang adalah kebersamaan dan keterlibatan dari seluruh warga madrasah yang didayagunakan secara optimal (4) faktor penghambat dari penerapan TQM di MTsN 1 Kota Malang disebabkan karena adanya perubahan. Sehingga dilakukan upaya mengatasi dengan penanganan serta pemecahan masalah satu persatu (5) capaian daya saing MTsN 1 Kota Malang pasca penerapan TQM adalah peningkatan proses terhadap ketercapaian program sekolah serta peningkatan hasil dengan bertambahnya prestasi yang mendorong eksistensi madrasah. Berdasarkan simpulan tersebut maka disarankan kepada (1) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam menentukan keputusan dan kebijakan (2) Kepala MTsN 1 Kota Malang disarankan menjadi bahan dalam pengelolaan madrasah dan pengembangannya berkaitan dengan peningkatan mutu maupun daya saing di MTsN 1 Kota Malang (3) Mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan disarankan untuk digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi maupun menempuh mata kuliah tertentu dan (4) Peneliti lain disarankan dalam pengambilan data sebagai pertimbangan dalam menyusun karya tulis maupun penelitian lain atau melanjutkan penelitian dengan fokus yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273957

Actions (login required)

View Item View Item