Implementasi program sekolah adiwiyata dalam penguatan pendidikan lingkungan hidup (studi kasus di sma negeri 2 kota malang) / Dewi Eka Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi program sekolah adiwiyata dalam penguatan pendidikan lingkungan hidup (studi kasus di sma negeri 2 kota malang) / Dewi Eka Ratnasari

Ratnasari, Dewi Eka Ratnasari (2021) Implementasi program sekolah adiwiyata dalam penguatan pendidikan lingkungan hidup (studi kasus di sma negeri 2 kota malang) / Dewi Eka Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kerusakan lingkungan hidup yang menyebabkan berbagai macam bencana alam akhir-akhir ini menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh berbagai negara di dunia. Faktor utama penyebab kerusakan lingkungan hidup tersebut adalah perilaku manusia yang kurang peduli terhadap kelestarian lingkungan. Berdasarkan uraian tersebut maka dipandang perlu untuk memberikan wawasan dan penanaman nilai tentang lingkungan hidup melalui pendidikan di sekolah. Sebagai bentuk percepatan pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada jalur pendidikan formal maka Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan Program Adiwiyata pada tahun 2006. Secara khusus Program Adiwiyata bertujuan mendorong pembentukan nilai sikap dan karakter peserta didik untuk peduli dan berbudaya lingkungan sehingga mampu berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan guna mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang dimulai dari lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) kebijakan pendidikan berwawasan lingkunga hidup (2) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan hidup (3) kegiatan pendidikan lingkungan berbasis paritisipatif (4) pengelolaan sarana pendidikan pendukung ramah lingkungan (5) faktor pendukung pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata (6) pemberdayaan faktor pendukung pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata (7) faktor penghambat pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata (8) alternatif pemecahan dari faktor penghambat pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam penguatan pendidikan lingkungan hidup di sekolah. Lokasi penelitian berada di SMA Negeri 2 Kota Malang yang merupakan salah satu dari tiga SMA Negeri di Kota Malang dengan luas lahan yang relatif lebih sempit dan mempunyai program kegiatan unggulan adiwiyata yang menjadi ikon sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara pengamatan dan studi dokumentasi. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan temuan informasi menggunakan triangulasi pengecekan anggota perpanjangan waktu pengamatan meningkatkan ketekunan dan kecukupan bahan referensi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan berdasarkan empat kriteria yaitu (1) keterpercayaan (2) keteralihan (3) ketergantungan dan (4) kepastian. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh delapan kesimpulan penelitian sebagai berikut (1) kebijakan pendidikan berwawasan lingkungan hidup di SMA Negeri 2 Malang meliputi (a) visi misi dan tujuan sekolah memuat perlindungan lingkungan hidup (b) kegiatan pembelajaran bermuatan lingkungan (c) pembentukan tim adiwiyata sekolah (d) alokasi dana pendukung operasional program lingkungan dalam RKAS (2) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan hidup di SMA Negeri 2 Malang dilakukan dengan mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup dalam kegiatan intrakurikuler ekstrakurikuler dan ko-kurikuler (3) kegiatan pendidikan lingkungan berbasis paritisipatif di SMA Negeri 2 Malang ada tiga macam yaitu kegiatan pembiasaan kegiatan pengelolaan dan partisipasi aktif peserta didik dalam kegiatan yang terkait lingkungan melalui kerjasama (4) pengelolaan sarana pendidikan pendukung ramah lingkungan di SMA Negeri 2 Malang dilakukan melalui pengadaan pengaturan dan perawatan/pemeliharaan sarana pendukung ramah lingkungan (5) faktor pendukung pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 2 Malang meliputi faktor pendukung dari pihak internal dan faktor pendukung dari pihak eksternal (6) pemberdayaan faktor pendukung pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 2 Malang meliputi pemberdayaan faktor pendukung dari pihak internal dan pemberdayaan faktor pendukung dari pihak eksternal (7) faktor penghambat pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 2 Malang meliputi faktor penghambat dari pihak internal dan faktor penghambat dari pihak eksternal (8) alternatif pemecahan dari faktor penghambat pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 2 Malang meliputi alternatif yang sudah terealisasi dan alternatif yang belum terealisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada (1) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang sebagai pertimbangan dalam menyelenggarakan berbagai program dan kegiatan pendampingan bagi Sekolah Adiwiyata di lingkungan kerjanya agar dapat mengimplementasikan Program Adiwiyata secara optimal (2) Kepala SMA Negeri 2 Malang implementasi Program Sekolah Adiwiyata sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan dan komprehensif dapat memberikan contoh serta motivasi kepada seluruh warga sekolah untuk mewujudkan visi misi dan tujan sekolah (3) Tim Adiwiyata SMA Negeri 2 Malang untuk meningkatkan kinerjanya agar program yang telah disusun dapat terlaksana serta senantiasa melakukan inovasi program dan kegiatan untuk mendukung implementasi adiwiyata agar pembiasaan peduli lingkungan di sekolah juga diterapkan di manapun warga sekolah berada (4) Ketua Unit Penjamin Mutu (UPM) SMA Negeri 2 Malang melakukan evaluasi dalam meningkatkan mutu sekolah terkait dengan penguatan pendidikan lingkungan hidup di sekolah (5) Peneliti Lain diharapkan dapat dijadikan bahan referensi masukan dan kajian sebagai acuan dalam melakukan penelitian pada kasus sejenis namun dengan substansi penelitian dan lokasi yang berbeda serta dapat melakukan pengembangan dengan menggunakan metode penelitian lain (6) Stakeholders (Orang Tua/Wali Peserta Didik) memberikan dukungan terhadap program dan kegiatan Tim Adiwiyata Sekolah agar terlaksana sesuai dengan perencanaan baik berupa dana maupun partisipasi aktif lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273956

Actions (login required)

View Item View Item