Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam membangun budaya mutu sekolah (studi kasus di SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen) / Deva Sandhiya Milenia - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam membangun budaya mutu sekolah (studi kasus di SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen) / Deva Sandhiya Milenia

Milenia, Deva Sandhiya (2022) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam membangun budaya mutu sekolah (studi kasus di SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen) / Deva Sandhiya Milenia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Milenia D.S. 2022. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Mutu (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen). Skripsi Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ali Imron M.Pd. M.Si. (II) Prof. Dr. H. A. Supriyanto M.Pd M.Si. Kata Kunci kepemimpinan transformasional budaya mutu peningkatan mutu Menghadapi era globalisasi sekolah harus mampu meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya agar dapat mengikuti persaingan yang ada. Peningkatan mutu yang terjadi suatu lembaga pendidikan dapat dilihat dari kualitas sumber daya manusia yang ada. Kualitas sumber daya manusia pada suatu organisasi pendidikan atau sebuah sekolah tidak terlepas dari kepemimpinan kepala sekolah. peningkatan mutu di sekolah harus dibiasakan dengan adanya budaya mutu sekolah. Kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan yang dapat diterapkan guna membangun budaya mutu tersebut. Hal tersebut melihat kepemimpinan transformasional sendiri merupakan kepemimpinan yang memiliki visi dan misi jelas serta dapat mengidentifikasikan perubahan yang ada dengan memberikan motivasi kepada para anggoata untuk tetap inovatif dalam mengembangkan organisasi. Penciptaan atau pembangunan budaya mutu disuatu sekolah hendakya tidak dilakukan hanya kepada kepala sekolah maupun guru tetapi juga dilakukan pada peserta didik. Fokus dalam penelitian ini mengenai (1) Perilaku karismatik kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam membangun budaya mutu sekolah (2) Pemberian motivasi oleh kepala sekolah sebagai pemimpin transformasional dalam membangun budaya mutu sekolah (3) Pemberian stimulus oleh kepala sekolah sebagai pemimpin transformasional dalam membangun budaya mutu sekolah (4) Pemberian perhatian oleh kepala sekolah sebagai pemimpin transformasional dalam membangun budaya mutu sekolah (5) Dampak implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan perilaku karismatik kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam membangun budaya mutu sekolah (2) Mendeskripsikan pemberian motivasi oleh kepala sekolah sebagai pemimpin transformasional dalam membangun budaya mutu sekolah (3) Mendeskripsikan pemberian stimulus oleh kepala sekolah sebagai pemimpin transformasional dalam membangun budaya mutu sekolah (4) Mendeskripsikan pemberian perhatian oleh kepala sekolah sebagai pemimpin transformasional dalam membangun budaya mutu sekolah (5) Mendeskripsikan dampak implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan. Metode penelitian yang diguanakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen. Informasi dan data dikumpulkan dengan teknik wawancara observasi langsung dan juga studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data kondensasi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara trianggulasi pengecekan anggota perpanjangan waktu penelitian serta kecukupan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada 5 (lima) rumusan dalam penelitian yaitu (1) perilaku karismatik kepemimpinan transformasional dalam membangun budaya mutu dilakukan dengan upaya mendapatkan kepercayaan memenuhi harapan warga sekolah menciptakan komitmen tinggi warga sekolah serta kepala sekolah mampu mencapai visi dan misi sekolah (2) pemberian motivasi oleh kepala sekolah sebagai pemimpin transfromasional dalam membangun budaya mutu dilakukan dalam bentuk memberikan inspirasi dan motivasi tinggi pada warga sekolah meningkatkan optimisme warga sekolah dalam mencapai visi dan misi menetapkan standar prestasi dan memberikan tantangan kerja serta menciptakan pandangan kepada warga sekolah bahwa ancaman dapat menjadi peluang (3) pemberian stimulus oleh kepala sekolah sebagai pemimpin transfromasional dalam membangun budaya mutu dilakukan dengan cara meningkatkan kreatifitas dan sikap inovatif warga sekolah mendorong warga sekolah dalam memecahkan permasalahan mendemonstrasikan ide dan metode baru serta menggagas dan menciptakan perubahan (4) pemberian perhatian oleh kepala sekolah sebagai pemimpin transfromasional dalam membangun budaya mutu dilakukan dengan upaya memberikan perhatian secara individual memberikan kesempatan dalam mengembangkan potensi dan merancang tugas guna meningkatkan potensi memberdayakan warga sekolah dalam kegiatan serta memenuhi kebutuhan dan aspirasi warga sekolah (5) dampak implementasi kepemimpinan transformasional yaitu perubahan pola pikir dan perubahan perilaku warga sekolah sehingga terciptanya berbagai bentuk peningkatan mutu pendidikan seperti dalam pembelajaran dan adanya program double track. Saran dari penelitian ini adalah (1) Kepala Yayasan diharapkan dapat melakukan pengawasan lebih dalam terhadap kepemimpinan transfromasional yang dilakukan oleh kepala sekolah (2) Kepala SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen diharapakan untuk lebih melakukan pendekatan dengan warga sekolah serta melakukan pengembangan pada program yang sudah ada (3) Guru dan staf SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen diharapkan dapat menciptakan inovasi-inovasi baru dalam melakukan dan menyelesaikan tugas (4) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan hendaknya menambah literatur mengnai implementasi kepemimpinan tansfromasional dan dampaknya dalam substansi manajemen pendidikan (5) Peneliti lain diharapakan dapat melakukan penelitian lebih lanjut dan mendalam mengenai kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam membangun budaya mutu serta dampaknya pada berbagai substansi manajemen pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273929

Actions (login required)

View Item View Item