Faktor keterlibatan berorganisasi dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi akademik pengurus HMD TEP Universitas Negeri Malang / Isa Ansori - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor keterlibatan berorganisasi dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi akademik pengurus HMD TEP Universitas Negeri Malang / Isa Ansori

Ansori, Isa (2022) Faktor keterlibatan berorganisasi dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi akademik pengurus HMD TEP Universitas Negeri Malang / Isa Ansori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian telah menguji faktor yang mempengaruhi prestasi akademik pengurus organisasi Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Teknologi Pendidikan (TEP) Universitas Negeri Malang. Pada penelitian ini terdapat 2 faktor yang diuji yaitu 1) keterlibatan berorganisasi dan 2) kedisiplinan belajar. Variabel keterlibatan mahasiswa dalam berorganisasi merupakan persyaratan mahasiswa selama menjadi pengurus organisasi. Adapun variabel kedisiplinan belajar merupakan tanggungjawab pengurus organisasi selama menjadi mahasiswa. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh pengurus HMD TEP 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden sebanyak 40 mahasiswa pengurus HMD TEP 2022. Data diperoleh dari dokumentasi wawncara dan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan 2 faktor mempengaruhi secara positif dan signifikan. keterlibatan berorganisasi terhadap prestasi akademik memiliki koefisien 0.296 dan p-Value 0.036. dan kedisiplinan belajar terhdap prestasi akademik memiliki koefisein 0.283 dan p-value 0.043.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273716

Actions (login required)

View Item View Item