Pengembangan augmented reality benda sejarah pada zaman pra-aksara kelas 7 SMP / Nurhalis Zainal Abidin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan augmented reality benda sejarah pada zaman pra-aksara kelas 7 SMP / Nurhalis Zainal Abidin

Abidin, Nurhalis Zainal (2022) Pengembangan augmented reality benda sejarah pada zaman pra-aksara kelas 7 SMP / Nurhalis Zainal Abidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di era digital serta keadaan pembelajaran yang berubah drastis pendidik maupun pebelajar dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan memanfaatkan berbagai media dalam penyelarasan perkembangan teknologi sehingga esensi belajar dan mengajar tercapai secara maksimal. Pada penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa augmented reality yang dijalankan melalui smartphone. Media ini digunakan dalam menampilkan objek 3D dari gambar yang awalnya hanya dapat dilihat secara 2D. Pada materi tentang pra aksara yang apabila ditelusuri benda-benda sejarah ini sukar untuk dijumpai ataupun dibuat benda tiruannya sehingga dengan bantuan media AR ini dapat membantu pendidik dan pebelajar dalam memfasilitasi proses pembelajaran ditambah penggunaan media tersebut dapat diaplikasikan pada pembelajaran. Model yang dirancang Sadiman dkk. digunakan untuk pengembangan penelitian ini dengan tahapan urutan pengembangannya yaitu identifikasi kebutuhan perumusan tujuan perumusan materi perumusan alat pengukur keberhasilan penulisan naskah media produksi media evaluasi formatif revisi dan media siap digunakan. Untuk hasil produk divalidasikan terlebih dahulu kepada ahli media dan juga ahli materi kemudian diujicobakan kepada responden. Setelah diketahui hasil media pembelajaran augmented reality berbasis smartphone dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk pebelajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D051 Ancient History
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:29
Last Modified: 02 Feb 2024 03:01
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273702

Actions (login required)

View Item View Item