Hubungan regulasi diri dan Fear of Missing Out (FOMO) pada mahasiswa Universitas Negeri Malang / Aldi Dwiki Ilhamsyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan regulasi diri dan Fear of Missing Out (FOMO) pada mahasiswa Universitas Negeri Malang / Aldi Dwiki Ilhamsyah

Ilhamsyah, Aldi Dwiki (2022) Hubungan regulasi diri dan Fear of Missing Out (FOMO) pada mahasiswa Universitas Negeri Malang / Aldi Dwiki Ilhamsyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Semakin bertambahnya pengguna internet terlebih media sosial untuk mendapatkan informasi yang up to date memicu munculnya gejala baru bagi penggunanya yang disebut Fear of Missing Out (FoMO) yaitu dalam beberapa penelitian sebelumnya mengenai hubungan regulasi diri dan FoMO menunjukkan hasil yang tidak konsisten. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran regulasi diri mengetahui gambaran FoMO dan menguji hubungan antara regulasi diri dan FoMO pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis korelasi menggunakan rank Spearman rsquo s. Partisipan penelitian ini sejumlah 150 orang mahasiswa berasal dari FMIPA dan FEB dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan adaptasi Skala Regulasi diri dan Skala FoMO. Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi Rho Spearman dengan nilai korelasi rho -0.686 dengan signifikansi (p lt 0 05) artinya hipotesis diterima yaitu semakin tinggi tingkat regulasi diri yang dimiliki maka semakin rendah FoMO yang dialami dan sebaliknya. Bagi mahasiswa yang memiliki FoMO tinggi bisa meningkatkan regulasi diri dengan menerapkan regulasi diri mengatur standar dan tujuan mampu mengobservasi diri mampu mengevaluasi diri mampu memberi reaksi diri dan mampu merefleksi diri sehingga dapat menekan terjadinya perilaku FoMO.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:29
Last Modified: 11 Apr 2023 06:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273461

Actions (login required)

View Item View Item