Pengaruh kebersyukuran dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik mahasiswa di kota Malang / Dhiyar Shafa Inasia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebersyukuran dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik mahasiswa di kota Malang / Dhiyar Shafa Inasia

Inasia, Dhiyar Shafa (2022) Pengaruh kebersyukuran dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik mahasiswa di kota Malang / Dhiyar Shafa Inasia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kebersyukuran dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik mahasiswa di Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode regresi dan teknik analisis regresi linear berganda. Penelitian ini memiliki subjek sebanyak 111 responden mahasiswa dari 6 universitas berbeda yang berada di Kota Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 item Skala Kebersyukuran Versi Indonesia yang dikembangkan oleh Listiyandini amp Syahniar (2015) lalu peneliti melakukan modifikasi skala penelitian yaitu dengan melakukan penyesuaian soal berdasarkan aspek dan indikator yang dikemukakan oleh McCullough dkk (2002) 29 item Social Support Scale yang dikembangkan oleh Sarafino amp Smith (2014) dan diadaptasi ke Bahasa Indonesia oleh Novi H (2019) lalu peneliti melakukan modifikasi skala penelitian yaitu dengan melakukan penyesuaian jumlah soal berdasarkan aspek dan indikator dukungan sosial dan 31 item Academic Resilience Scale (ARS-30) yang dikembangkan oleh Cassidy S (2016) dan diadaptasi ke Bahasa Indonesia oleh Hardiansyah dkk (2020) lalu peneliti melakukan penyesuaian soal berdasarkan aspek dan indikator yang dikemukakan oleh Reivich amp Shatte (2002). Skala kebersyukuran dengan reliabilitas Cronbach Alpha 0 913 skala dukungan sosial dengan reliabilitas Cronbach Alpha 0 921 dan skala resiliensi akademik dengan reliabilitas Cronbach Alpha 0 946. Uji hipotesis menghasilkan nilai Sig. sebesar 0 001 dan nilai thitung sebesar 5 230 menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara kebersyukuran terhadap resiliensi akademik Sig. sebesar 0 001 dan nilai thitung sebesar 3 980 menyatakan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi akademik mahasiswa serta Sig. sebesar 0 000 dan nilai Fhitung sebesar 98 761 menyatakan bahwa terdapat pengaruh kebersyukuran dan dukungan sosial secara simultan terhadap resiliensi akademik mahasiswa di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273460

Actions (login required)

View Item View Item