Kepuasan pernikahan pada sandwich generation di Jawa Timur / Adinda Calista Harahap - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepuasan pernikahan pada sandwich generation di Jawa Timur / Adinda Calista Harahap

Harahap, Adinda Calista (2022) Kepuasan pernikahan pada sandwich generation di Jawa Timur / Adinda Calista Harahap. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kepuasan pernikahan pada kelompok sandwich generation di Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan alat ukur berdasarkan teori Fowers amp Olson (1993) yang mengembangkan ENRICH Marital Satisfaction Scale (EMS) Inventory terdiri dari 10 dimensi dengan 42 aitem. Sampel penelitian ini ialah individu dewasa awal dan tengah yang tergolong sandwich generation di Jawa Timur yang terpilih dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 203 responden cenderung merasa sangat puas akan pernikahannya. Sembilan dimensi kepuasan pernikahan yaitu dimensi Personality Issues Communication Conflict Resolution Financial Management Leisure Activities Sexual Relationship Children and Parenting Family and Friends dan Equalitarian Roles mencapai nilai lebih daripada rata-rata populasi dengan dimensi Sexual Relationship memiliki nilai mean empirik tertinggi (22 128) di antara dimensi kepuasan pernikahan lainnya. Hanya satu dimensi yaitu dimensi Religious Orientation yang menunjukkan nilai mean empirik (5 1970) yang lebih rendah dari mean hipotetiknya (6 000). Hal ini menunjukkan bahwa responden cenderung tidak puas dalam pernikahannya terkait orientasi agama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273446

Actions (login required)

View Item View Item