Hubungan pet attachment dan loneliness pada pemilik hewan peliharaan di Indonesia / Reditya Gita Ramadhantri Prawindra - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pet attachment dan loneliness pada pemilik hewan peliharaan di Indonesia / Reditya Gita Ramadhantri Prawindra

Prawindra, Reditya Gita Ramadhantri (2022) Hubungan pet attachment dan loneliness pada pemilik hewan peliharaan di Indonesia / Reditya Gita Ramadhantri Prawindra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pet attachment dengan loneliness pada pemilik hewan peliharaan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelatif dengan metode survey kepada 1004 pemilik hewan anjing dan/atau kucing yang berada di Indonesia. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner bentuk Likert yang terdiri dari terjemahan dua skala yang dilakukan peneliti yaitu skala Lexington Attachment to Pets Scale (LAPS) sebanyak 21 item untuk mengukur variabel pet attachment dan R-UCLA (Loneliness Scale) 18 item untuk variabel loneliness. Teknik analisis hubungan menggunakan analisis pearson product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa pet attachment dan loneliness memiliki hubungan dengan r 0 089 dan sig. lt 0 05 yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara pet attachment dan loneliness. Dalam arti lain kuatnya tingkat pet attachment yang dimiliki individu diikuti dengan tingginya loneliness yang dimiliki. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pembaca yaitu untuk mempertimbangkan aktivitas memelihara hewan sebagai opsi untuk mengurangi rasa kesepian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273445

Actions (login required)

View Item View Item