Hubungan stress kerja dengan turnover intention pada karyawan Perusahaan startup / Muhammad Zhafran Putra Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan stress kerja dengan turnover intention pada karyawan Perusahaan startup / Muhammad Zhafran Putra Rahman

Rahman, Muhammad Zhafran Putra (2022) Hubungan stress kerja dengan turnover intention pada karyawan Perusahaan startup / Muhammad Zhafran Putra Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada perusahaan startup masih terdapat banyak kasus dimana karyawan mengalami stres kerja karena banyaknya beban kerja yang diberikan tetapi kompensasi yang didapatkan belum sesuai sehingga karyawan mempunyai keinginan untuk keluar dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan stres kerja dan turnover intention karyawan perusahaan startup.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Pengumpulan data didapatkan melalui instrumen berupa dua alat ukur psikologi yang dikonstruk oleh peneliti yang berbentuk skala likert yaitu (1) skala stres kerja didapatkan nilai alpha 0.972 pada uji reliabilitas didapatkan rentang antara 0.67 hingga 1 pada uji validitas menggunakan expert judgement dan didapatkan rentang antara 0.324 hingga 0.851 pada uji daya beda aitem (2) skala turnover intention didapatkan nilai alpha 0 951 pada uji reliabilitas didapatkan rentang antara 0.83 hingga 1 pada hasil uji validitas menggunakan expert judgement dan didapatkan renang antara 0.46 hingga 0.816 pada uji daya beda aitem. Analisis data untuk melihat pengaruh variabel-variabel penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan sig 0.001 dan rxy 0.804. sedangkan untuk reliabilitas menggunakan cornbach alpha. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan yang sedang bekerja di perusahaan startup selama 0-3 tahun. Uji normalitas dalam penelitian ini adalah uji normalitas Kolmogrov-Smirnov. Analisis data untuk melihat hubungan variabel-variabel penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi product moment dari pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres kerja dan turnover intention pada karyawan perusahaan startup memiliki hubungan (p lt 0.05) dan hubungan antar variabel dapat dikatakan sangat tinggi dan positif (rxy 0.804).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273433

Actions (login required)

View Item View Item