Industri perkebunan kapas Asembagus, Situbondo tahun 1945-1997 / Sri Indah Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Industri perkebunan kapas Asembagus, Situbondo tahun 1945-1997 / Sri Indah Damayanti

Damayanti, Sri Indah (2022) Industri perkebunan kapas Asembagus, Situbondo tahun 1945-1997 / Sri Indah Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kapas adalah tanaman perkebunan yang ditanam 1 kali setahun yaitu saat musim kemarau di Indonesia. Tanaman kapas (Gossypium sp.) merupakan tanaman jenis semak yang menghasilkan serat melalui buahnya serat inilah yang menjadi bahan baku utama dalam pembuatan tekstil. Studi ini akan membahas mengenai awal mula berdirinya industri perkebunan kapas di Asembagus Situbondo. Bagaimana dinamika hubungan antara lembaga pengembangan kapas yaitu pabrik penggilingan kapas kebun percobaan kapas Asembagus dan perkebunan kapas rakyat pada tahun 1945-1997 serta dampaknya bagi masyarakat di Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Judul tersebut dipilih karena Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo terkenal sebagai pusat penanaman dan pengembangan komoditas kapas di Jawa sejak masa Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945 hingga mundurnya komoditas kapas di Asembagus pada akhir program Repelita sekitar tahun 1997. Studi ini menggunakan metode penelitian sejarah yaitu pemilihan topik heuristik kritik atau verifikasi interpretasi dan historiografi dengan melakukan penelusuran sumber tertulis berupa arsip artikel buku dan penelitian terdahulu serta sumber lisan yang didapatkan melalui observasi studi pustaka. Dari data-data yang terkumpul mengindikasikan adanya ketimpangan (dualisme) pada kegiatan produksi Industri perkebunan kapas Asembagus ketimpangan ini memberikan dampak berantai hingga menyebabkan terhentinya penanaman kapas di Asembagus Situbondo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273424

Actions (login required)

View Item View Item