Muatan etika pemikiran Pujangga Jawa di Keraton Surakarta pada abad 19 / Yusiro Fathan Mubina - Repositori Universitas Negeri Malang

Muatan etika pemikiran Pujangga Jawa di Keraton Surakarta pada abad 19 / Yusiro Fathan Mubina

Mubina, Yusiro Fathan (2022) Muatan etika pemikiran Pujangga Jawa di Keraton Surakarta pada abad 19 / Yusiro Fathan Mubina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada permulaan abad ke-19 Keraton Surakarta sedang mengalami krisis nilai sosial budaya yang disebabkan oleh masuknya unsur-unsur peradaban Barat. Pujangga Keraton Surakarta banyak menciptakan karya sastra yang bersifat piwulang atau didaktik. Banyaknya sastra piwulang yang ada pada masa itu merupakan respons para pujangga terhadap krisis nilai yang terjadi di Keraton Surakarta pada abad ke 19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan muatan etika yang terdapat dalam Serat Sanasunu karya Yasadipura II dan Serat Kalatidha karya Ranggawarsita. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai dari heuristik melakukan kritik interpretasi dan terakhir ialah historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Serat Sanasunu menjelaskan dapat dikatakan ideal etika seseorang ketika mampu merefleksikan perwatakan dari para priyayi santri petani serta saudagar secara harmonis. Sedangkan pada Serat Kalatidha membahas bahwa untuk selalu berjuang dalam sebuah peradaban berdasarkan etika eling lan waspada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273422

Actions (login required)

View Item View Item