Tambang pasir Desa Jugosari Kabupaten Lumajang tahun 1986-2008 / Ahadiyah Kintan Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Tambang pasir Desa Jugosari Kabupaten Lumajang tahun 1986-2008 / Ahadiyah Kintan Ramadhani

Ramadhani, Ahadiyah Kintan (2022) Tambang pasir Desa Jugosari Kabupaten Lumajang tahun 1986-2008 / Ahadiyah Kintan Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ramadhani Ahadiyah Kintan. 2022. Tambang Pasir Desa Jugosari Kabupaten Lumajang 1986-2008. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. R. Reza Hudiyanto S. S M. Hum amp Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim S. PD. M. Pd. Kata Kunci Tambang Pasir Jugosari Sosial-Ekonomi Lingkungan Penambangan pasir merupakan aktivitas ekonomi rakyat yang memberikan konstribusi ekonomi pada masyarakat kecil. Kebutuhan masyarakat akan material bangunan menyebabkan peran mereka menjadi penting. Akan tetapi aktivitas mereka dianggap memiliki dampak pada lingkungan terutama perubahan permukaan dan alur sungai. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan efek penambangan pasir pada kehidupan masyarakat di sekitar tambang pasir. Kajian ini bertujuan mengetahui perkembangan aktivitas tambang pasir serta dampak dari kegiatan pertambangan di Desa Jugosari 1986-2008. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi pemilihan topik heuristik (pengumpulan sumber) verifikasi (kritik sumber) kritik ekstern untuk menilai keauntetikan sumber dan kritik intern untuk menilai kebenaran isi sumber lalu interpretasi yang bertujuan untuk mencari makna dari fakta-fakta yang telah diperoleh dan historiografi yaitu penulisan sejarah. Data yang digunakan dalam menyusun historiografi ini berupa sumber tertulis dan sumber lisan. Sumber-sumber tertulis yang digunakan berasal dari koran buku dan skripsi sedangkan sumber lisan didapatkan dari interview dengan informan yang sesuai dengan topik penelitian. Berdasarkan informasi yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa perkembangan sistem penambangan pasir selama periode 1980-2008 tidak banyak mengalami perubahan. Stagnasi ini disebabkan karena biaya investasi untuk peningkatan atau mekanisasi tambang tidak terjangkau oleh penambangan. Dampak ekonomi bagi masyarakat hanya terbatas pada sektor mendasar (primer) dan tidak menjangkau sektor layanan publik seperti kesehatan sekolah dan fasilitas penopang kehidupan dasar lain. Selain itu permasalahan sosial dan lingkungan muncul sebagai konsekuensi dari kegiatan pertambangan pasir di Desa Jugosari. Dari hasil elaborasi ini dapat disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan dalam mengkaji sejarah tambang pasir Desa Jugosari dengan aspek lain yang belum dibahas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273421

Actions (login required)

View Item View Item