Persebaran bunker Jepang di Kabupaten Lumajang tahun 1942-1945 kajian geohistori / Ragil Jiwandono - Repositori Universitas Negeri Malang

Persebaran bunker Jepang di Kabupaten Lumajang tahun 1942-1945 kajian geohistori / Ragil Jiwandono

Jiwandono, Ragil (2022) Persebaran bunker Jepang di Kabupaten Lumajang tahun 1942-1945 kajian geohistori / Ragil Jiwandono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Akibat kekalahan Jepang di Midway tahun 1942 Jepang merubah strategi offensive menjadi defensive yang mana merupakan perubahan stategi dari menyerang berubah haluan menjadi strategi bertahan. Salah satu perwujudan strategi bertahan yang dibuat oleh Jepang adalah pembangunan bunker seperti yang terdapat di Kabupaten Lumajang. Oleh sebab itu penulis bertujuan untuk mengetahui pola penempatan bunker Jepang di Kabupaten Lumajang kondisi geografis ekonomi dan sosial di Kabupaten Lumajang tahun 1942-1945 serta mengetahui hubungannya dengan kajian geohistori. Tulisan ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan beberapa tahapan yaitu pemilihan topik heuristik verifikasi interpretasi dan historiografi berdasarkan analisis lapangan bunker yang terpusat di beberapa daerah tersebut dibangun menyesuaikan kondisi wilayahnya. Melalui geohistori diketahui bahwa kondisi geografis dan ekonomi Kabupaten Lumajang sebelum Perang Dunia II sudah menjadi salah satu daerah yang diincar Jepang akan SDA dan SDM sebagai kebutuhan bahan baku bagi negaranya dan akibat kekalahan di Midway 1942 daerah ini didirikannya bunker sebagai strategi pertahananan di wilayah ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273419

Actions (login required)

View Item View Item