Analisis kekritisan potensi mata air di Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang / Andhika Ananda Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kekritisan potensi mata air di Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang / Andhika Ananda Wijaya

Wijaya, Andhika Ananda (2022) Analisis kekritisan potensi mata air di Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang / Andhika Ananda Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Desa Jedong merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang dengan sebagian besar masyarakatnya hanya memanfaatkan mata air untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Kondisi mata air di desa tersebut mengalami penurunan debit pada saat musim kemarau sehingga menyebabkan munculnya potensi kekritisan mata air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi ketersediaan air kondisi kebutuhan air dan menganalisis indeks kekritisan mata air. Kondisi ketersediaan air di Desa Jedong dapat diketahui melalui pengukuran debit mata air dengan menggunakan metode volumetrik yang menghasilkan nilai tertinggi sekitar 67.336 48 Liter di Bulan Maret dan nilai terendah sekitar 52.113 89 Liter pada Bulan September. Kondisi kebutuhan airnya dapat diketahui dengan survei secara langsung melalui penyebaran kuisioner dan prolehan data dari instansi desa dengan menghasilkan nilai kebutuhan air sekitar 8.477 96 Liter/Orang/Bulan untuk kebutuhan domestik dan sekitar 58.236 Liter/bulan untuk kebutuhan non-domestik. Kondisi kekritisan mata airnya dapat diproleh dari perbandingan nilai antara ketersediaan dan kebutuhan air. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi indeks kekritisan mata air di Desa Jedong termasuk kedalam klasifikasi mendekati kritis 61 % hingga kritis 81 %. Hasil tersebut disebabkan karena aliran debitnya mengalami penurunan pada saat musim kemarau dan jumlah pengguna yang telah melebihi dari kemampuan debit mata airnya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan suatu solusi dan meminimalisir presesntase potensi kekritisan mata air.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273395

Actions (login required)

View Item View Item