Pengaruh strategi pembelajaran TPS dan strategi TPS-PBMP terhadap kesadaran dan kweterampilan metakognitif serta pemahaman konsep pada pembelajaran IPA siswa kelas IV Sekolah dasar / Sulviana Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran TPS dan strategi TPS-PBMP terhadap kesadaran dan kweterampilan metakognitif serta pemahaman konsep pada pembelajaran IPA siswa kelas IV Sekolah dasar / Sulviana Puspitasari

Puspitasari, Sulviana (2010) Pengaruh strategi pembelajaran TPS dan strategi TPS-PBMP terhadap kesadaran dan kweterampilan metakognitif serta pemahaman konsep pada pembelajaran IPA siswa kelas IV Sekolah dasar / Sulviana Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci TPS TPS-PBMP kesadaran dan keterampilan metakognitif pemahaman konsep. Dalam pembelajaran IPA di sekolah hendaknya mencapai tujuan pembelajaran yang menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis kreatif dan mandiri sesuai dengan tujuan KTSP yang merumuskan agar siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis kritis kreatif dan inovatif. Pemberdayaan kemampuan berpikir dapat dikembangkan melalui pengembangan keterampilan metakognitif siswa. Siswa dengan keterampilan metakognitif yang baik akan mampu menjadi pebelajar yang mandiri. Siswa mampu merencanakan memonitor dan mengevaluasi dirinya sendiri dalam kegiatan belajarnya sendiri. Hal tersebut menyebabkan siswa akan memiliki kesadaran untuk belajar dalam dirinya. Seiring dengan pemberdayaan keterampilan metakognitif siswa pemahaman konsep dalam pembelajaran akan berkembang juga. Siswa yang menjadi pebelajar mandiri lebih mudah memilah konsep-konsep penting yang perlu dipelajarinya sehingga secara tidak langsung siswa belajar untuk memahami konsep yang sedang dipelajari. Penelitian dilaksanakan di SDN Ketawanggede II Malang dan SDN Penanggungan Malang pada semester gasal tahun ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Ketawanggede II Malang dan SDN Penanggungan Malang tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ketawanggede II Malang sebagai kelas berstrategi TPS dan siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang sebagai kelas berstrategi TPS-PBMP. Siswa kelas IV SDN Ketawanggede II Malang terdiri atas 24 orang sedangkan siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang terdiri dari 33 orang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian control group pre test post test. Data kesadaran metakognitif siswa diperoleh dengan instrumen inventori. Data keterampilan metakognitif diukur menggunakan penilaian rubrik terhadap hasil pretes dan postes. Data pemahaman konsep diukur melalui penilaian non rubrik terhadap hasil pretes dan postes. Data keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPS PBMP memberikan pengaruh 35 38% lebih rendah daripada siswa dengan strategi TPS terhadap kesadaran metakognitif siswa. Pada keterampilan metakognitif siswa strategi TPS-PBMP memberikan pengaruh 6 99% lebih tinggi daripada strategi TPS. Pada hasil penelitian terhadap pemahaman konsep siswa strategi TPS-PBMP memberikan pengaruh 12 73% lebih tinggi daripada strategi TPS. ii Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat menunjukkan bahwa strategi TPS dengan paduan PBMP dapat diandalkan untuk mengembangkan keterampilan metakognitif siswa dan pemahaman konsep siswa dibanding strategi TPS saja. Merujuk pada fakta tersebut maka diharapkan guru dapat menerapkan penggunaan strategi pembelajaran kooperatif terutama TPS dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Peningkatan siswa akan semakin baik jika pembelajaran disertai dengan PBMP. Selain itu pada penelitian ini strategi pembelajaran yang dipakai adalah strategi pembelajaran TPS dan TPS-PBMP maka dapat dicobakan strategi pembelajaran lain untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kesadaran dan keterampilan metakognitif serta pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27339

Actions (login required)

View Item View Item