Analisis perbandingan menstruasi dan tidak menstruasi terhadap daya tahan vo2max Siswi SMP N 1 Kasembon - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbandingan menstruasi dan tidak menstruasi terhadap daya tahan vo2max Siswi SMP N 1 Kasembon

Arsi, Amana (2022) Analisis perbandingan menstruasi dan tidak menstruasi terhadap daya tahan vo2max Siswi SMP N 1 Kasembon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Wanita memerlukan zat besi lebih tinggi dibandingkan laki-laki karena ketika menstruasi terjadi pendarahan sebanyak 50 sampai 80 cc setiap bulan dan kehilangan zat besi sebesar 30 sampai 40 mg. Asupan zat besi yang tidak memadai dapat menurunkan kadar hemoglobin yang menyebabkan terjadinya anemia. Sel darah merah akan kekurangan pasokan oksigen dan menyebabkan kinerja paru-jantung menjadi terganggu sehingga mempengaruhi daya tahan oksigen maksimal (VO2Max). VO2Max ialah kemampuan maksimum dari seluruh organ sel untuk mengangkut oksigen dari udara ke seluruh jaringan terutama pada daya tahan aerobik tubuh. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Perbandingan Menstruasi dan Tidak Menstruasi Terhadap Daya Tahan VO2Max Siswi SMP N 1 Kasembon. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan tes yaitu tes lari 2 4 km. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 15 siswi SMP N 1 Kasembon dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive didapatkan 9 responden. Hasil penelitian menggunakan Uji-T dengan bantuan aplikasi komputer IBM SPSS 25.0 didapatkan nilai rata-rata dari variabel x (saat menstruasi) 887 27 detik dan y (saat tidak menstruasi) 817 33 detik. Selisih waktu yang ditempuh dari variabel x dan y yaitu 75 94 detik. Maka hasil yang didapatkan pada uji rerata dua pihak dari T test relevan dengan nilai Thitung 2 08 lt nilai Ttabel 2 12 maka hasil dari Hipotesis 0 nya diterima dengan keterangan tidak ada perbedaan antara menstruasi dan tidak menstruasi dengan daya tahan VO2Max namun pada hasil rata-rata variabel x dan y tetap memiliki perbedaan walaupun tidak begitu signifikan dikarenakan selisih waktu yang ditempuh para siswi tidak besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 06:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273369

Actions (login required)

View Item View Item