Peningkatan kadar irisin serum pasca latihan aerobik intensitas sedang pada perempuan obesitas / Naufal Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kadar irisin serum pasca latihan aerobik intensitas sedang pada perempuan obesitas / Naufal Firdaus

Firdaus, Naufal (2022) Peningkatan kadar irisin serum pasca latihan aerobik intensitas sedang pada perempuan obesitas / Naufal Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irisin pada obesitas ditemukan lebih rendah dibandingkan individu dengan berat badan normal. Kadar irisin yang rendah menyebabkan penurunan metabolisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui peningkatan kadar irisin pasca latihan aerobik intensitas sedang pada perempuan obesitas. Metode penelitian ini yaitu true experimental dengan perhitungan secara random antara kelompok pretest-posttest. Sebanyak 18 perempuan obesitas usia 20-25 tahun terlibat aktif dalam kegiatan penelitian dan dibagi ke dalam dua kelompok yaitu KK (n 9 kelompok kontrol) dan KE (n 9 kelompok eksperimen). Latihan aerobik yang diberikan menggunakan intensitas 60%-70% HRmax dengan treadmill selama 45 menit frekuensi 3x/minggu selama 8 minggu. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kadar irisin antara sebelum dan setelah intervensi pada KK (0.83 plusmn 0.97 vs 0.86 plusmn 1.25 ng/mL p 0.961) KE (0.69 plusmn 0.64 vs 2.77 plusmn 1.26 ng/mL p 0.003). Berdasarkan hasil penelitian dilaporkan terdapat peningkatan kadar irisin yang signifikan pada kelompok eksperimen (KE) tetapi tidak pada kelompok kontrol (KK). Atas dasar hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa latihan aerobik intrnsitas sedang dapat meningkatkan kadar irisin pada perempuan obesitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273358

Actions (login required)

View Item View Item