Ratnasari, Sofia (2010) Pengaruh penggunaan bahan ajar IPA terpadu tema gerak dan ciri kehidupan terhadap kemampuan berpikir dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang pada kemampuan akademik berbeda / Sofia Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci bahan ajar IPA Terpadu kemampuan berpikir prestasi belajar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menekankan pembelajaran mampu mengorientasikan siswa kepada lingkungan nyata sehingga siswa dapat mengasah kemampuan berpikirnya. Kemampuan berpikir dan prestasi belajar merupakan aspek penting yang harus diberdayakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan KTSP. Salah satu alternatif yang dapat mewujudkan tujuan pembelajaran adalah penerapan bahan ajar IPA Terpadu. Pembelajaran terpadu membantu menciptakan struktur kognitif yang dapat menjembatani antara pengetahuan awal peserta didik dengan pengalaman belajar yang terkait. Penerapan bahan ajar IPA Terpadu tersebut ditujukan untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan berpikir dan prestasi belajar siswa pada kemampuan akademik berbeda. Kemampuan berpikir dalam penelitian ini diukur berdasarkan tingkat kognitif pertanyaan dan jawaban siswa ketika pelajaran dan prestasi belajar diukur dari nilai pretest dan postest. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 20 Malang pada semester genap 2009/2010 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang tahun ajaran 2009/2010. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIC (kelas eksperimen) dan kelas VIID (kelas kontrol). Sampel dipilih menggunakan purposive sampling sedangkan penentuan kelas eksperimen dan kontrol dipilih secara acak. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent group design versi faktorial 2x2. Analisis prestasi belajar menggunakan anakova sedangkan kemampuan berpikir dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA Terpadu pertanyaan siswa kelas eksperimen yang memiliki kemampuan akademik atas meningkat sampai pada level kognitif analisis (C4). Siswa kelas eksperimen yang difasilitasi dengan bahan ajar IPA Terpadu memiliki prestasi belajar 12 2% lebih tinggi dibandingkan siswa kelas kontrol yang menggunakan buku teks. Bahan ajar IPA Terpadu berhasil memberdayakan prestasi belajar siswa berkemampuan akademik rendah dengan persentase kenaikan sebesar 25% sedangkan siswa berkemampuan akademik tinggi mengalami kenaikan 35%. Berdasarkan persentase keterbacaan bahan ajar IPA Terpadu yang diukur dari segi isi materi soal bahasa penyajian dan pembelajaran secara umum siswa memberi tanggapan positif terhadap bahan ajar. Sebagian besar siswa memberi tanggapan setuju terhadap segi pengukuran yang terdapat pada soal kuisioner.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |