Pengembangan aplikasi berbasis web simulasi bisnis untuk bisnis manajemen dan analisis finansial bagi UMKM dan start up / Setya Rahadi Pramudhita Putra M. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi berbasis web simulasi bisnis untuk bisnis manajemen dan analisis finansial bagi UMKM dan start up / Setya Rahadi Pramudhita Putra M.

Putra M., Setya Rahadi Pramudhita (2022) Pengembangan aplikasi berbasis web simulasi bisnis untuk bisnis manajemen dan analisis finansial bagi UMKM dan start up / Setya Rahadi Pramudhita Putra M. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wirausahawan (entrepreneur) sangat ramai dibicarakan belakangan ini. Menurut yang dikutip Liputan6 dari Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga jumlah pengusaha dari hanya sebesar 1 67% menjadi 3 10% dari total jumlah pendudukan Indonesia pada saat ini sebanyak 225 juta jiwa. Namun angka tersebut belumlah cukup dikarenakan rata-rata rasio pengusaha di negara maju sebesar 12%. Menurut Teten perlu adanya peningkatan hingga 4% untuk bisa dikatakan minimum setara dengan negara-negara maju. Namun dibalik itu semua menjadi pengusaha tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak usaha kecil yang baru mulai tetapi tidak lama kemudian tutup dikarenakan tidak bisa mengatur keuangannya tidak mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan dan masih banyak lagi faktor yang dapat menyebabkan pengusaha rintisan gagal. Dengan gagalnya pengusaha rintisan perkembangan target jumlah pengusaha pun juga terhambat. Beberapa faktor yang bisa menghambat berkembangnya usaha adalah kurangnya persiapan jangka panjang dan kurang detailnya kerangka bisnis. Penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan fitur mentoring dan analisis finansial guna mengatasi masalah diatas. Penelitian ini menggunakan metode prototyping sehingga fitur yang dikembangkan juga bisa sesuai dengan calon pengguna. Pada tahap pengujian hasil yang didapatkan pada metode black box adalah berhasil dan berfungsi dengan baik nilai yang didapat pada pengujian SUS yaitu 85 atau dalam kategori Excellent.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273349

Actions (login required)

View Item View Item