Pengembangan user interface dan user experience marketplace layanan pemesanan homestay berbasis mobile dengan menggunakan metode design thinking / Trisna Chandra Laksana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan user interface dan user experience marketplace layanan pemesanan homestay berbasis mobile dengan menggunakan metode design thinking / Trisna Chandra Laksana

Laksana, Trisna Chandra (2022) Pengembangan user interface dan user experience marketplace layanan pemesanan homestay berbasis mobile dengan menggunakan metode design thinking / Trisna Chandra Laksana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata. Terdapat banyak objek wisata di Indonesia baik yang telah dijamah maupun belum dijamah oleh manusia. Dalam mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia terdapat banyak faktor pendukung salah satunya adalah desa wisata. Desa wisata adalah pendukung pariwisata di Indonesia yang merupakan pilihan destinasi dan akomodasi wisatawan. Salah satu akomodasi desa wisata adalah homestay. Homestay merupakan rumah tinggal yang disewakan kepada wisatawan untuk ditinggali untuk dalam waktu tertentu. Harga yang murah dan kesempatan dalam mengenal budaya setempat merupakan tawaran yang diberikan oleh homestay. Pengelolaan homestay yang masih manual membuat wisatawan kesulitan dalam mereservasi homestay. Padahal saat ini perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk memudahkan reservasi homestay. Pemanfaatan teknologi dalam sisi bisnis homestay dapat dimanfaatkan dengan membuat marketplace yang memudahkan dalam memesan homestay sehingga dapat memudahkan wisatawan dalam mereservasi homestay dan dapat melakukan promosi dengan jangkauan yang luas. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan desain user interface dan user experience layanan pemesanan homestay yang berbasis mobile. User interface dan user experience memiliki peran yang sangat penting dalam kenyamanan dan kemudahan pengguna dalam menjalankan aplikasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode design thinking yang digunakan untuk mengetahui solusi dari permasalah yang dihadapi. Dalam metode ini terdapat 5 proses dalam memecahkan masalah yaitu Empatize Define Ideate Prototype dan Testing. Dalam menguji desain yang dibuat digunakan pengujian time based efficiency dan system usability scale untuk mengetahui aspek efektifitas dan kepuasan sehingga didapatkan nilai efisiensi 0.37 goals serta sisi kepuasan pengguna mendapatkan kategori grade B dan tingkat adjective ratings dalam kategori excellent dan untuk acceptability ranges termasuk dalam kategori Acceptable. Tahapan setelah melakukan testing adalah evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan heuristic evaluation untuk mengetahui kesalahan dalam usability sehingga didapatkan several rating sebesar 0 sehingga termasuk dalam kategori ldquo bukan permasalahan dalam usability rdquo sehingga tidak perlu melakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273344

Actions (login required)

View Item View Item