Pengembangan platform marketplace digital book terintegrasi berbasis design thinking / Rizki Indah Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan platform marketplace digital book terintegrasi berbasis design thinking / Rizki Indah Pertiwi

Pertiwi, Rizki Indah (2022) Pengembangan platform marketplace digital book terintegrasi berbasis design thinking / Rizki Indah Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di Indonesia terkait dengan tingkat literasi dan kualitas sumber daya manusia di Indonesia untuk mewujudkan tujuan SDGs tahun 2030. Diperlukan solusi dari permasalahan ini dengan memanfaatkan konsep digitalisasi ditengah pendidikan. Oleh karena itu diperlukan sebuah platform marketplace digital book yang terintegrasi dengan mendukung fitur untuk menulis membaca serta memasarkan buku yang ada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan platform marketplace digital book yang terintegrasi serta mengetahui performa dari platform terhadap pengguna. Metode yang digunakan untuk merancang dan mengembangkan platform marketplace digital book dalam penelitian ini adalah metode design thinking. Adapun pada metode ini dilakukan pengumpulan data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data yang diperoleh kemudian diolah pada setiap tahapan dalam metode design thinking untuk menemukan solusi yang dapat direalisasikan pada platform marketplace digital book terintegrasi yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengujian Black Box Testing didapatkan hasil pengujian dengan persentase keberhasilan adalah sebesar 100% yang dilakukan oleh 2 orang ahli sistem. Keberhasilan pengujian sistem diukur dari tampilan aplikasi kontrol pengguna serta fungsionalitas sistem saat sedang dijalankan. Dari hasil pengujian oleh pengguna didapatkan skor rata-rata sebesar 86.5 dari pengujian kepuasan dari 5 responden. Verifikasi dari hasil pengujian ini berdasarkan tabel System Usability Scale dapat diartikan bahwa platform marketplace digital book terintegrasi sudah menjawab kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273343

Actions (login required)

View Item View Item