Komparasi algoritma c.45, k-nearest neighbor, multilayer perceptron, dan naïve bayes pada model kognitif pemain game chem dungeon/ Panca Aditya Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Komparasi algoritma c.45, k-nearest neighbor, multilayer perceptron, dan naïve bayes pada model kognitif pemain game chem dungeon/ Panca Aditya Kusuma Wardani

Wardani, Panca Aditya Kusuma (2022) Komparasi algoritma c.45, k-nearest neighbor, multilayer perceptron, dan naïve bayes pada model kognitif pemain game chem dungeon/ Panca Aditya Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Chem Dungeon merupakan game pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui senyawa - senyawa kimia pemain akan mengumpulkan sejumlah atom yang akan dikombinasikan sehingga membentuk senyawa yang akan digunakan membunuh lawannya. Kognitif dan daya ingat pemain akan diuji dalam memainkan game ini. Pada awalnya untuk menguji kognitif dan daya ingat pemain menggunakan ujian tertulis seperti kuis dan kuesioner namun hal tersebut menyebabkan perubahan suasana bermain game yang signifikan. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan pemodelan kognitif pemain berdasarkan log permainan untuk itu dibutuhkan metode survei dalam rangka mengumpulkan log permainan dari berbagai pemain atau partisipan dimana pemain memulai dengan pre test dan mengakhiri dengan post test selisih antara pre test dan post test akan menjadi label. Sehingga dari hasil survei berupa dataset yang terdiri dari log permainan yang memiliki label kognitif. Dengan menggunakan Teknik klasifikasi maka dapat dibangun model prediksi kognitif pemain. Harapannya jika model ini diterapkan akan mampu memprediksi kognitif pemain secara otomatis dan tidak mengganggu suasana bermain game. Terdapat beberapa algoritma klasifikasi yang dapat memodelkan kognitif pemain tersebut. Dalam penelitian ini dilakukan komparasi algoritma C.45 K-Nearest Neighbor Multilayer Perceptron dan Na iuml ve Bayes yang bertujuan untuk mengetahui algoritma yang paling efektif dan efisien untuk mengetahui kognitif pemain game.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2023 07:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273337

Actions (login required)

View Item View Item