Penerapan internet of things pada irigasi cerdas dengan metode logika fuzzy / Pradipta Adi Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan internet of things pada irigasi cerdas dengan metode logika fuzzy / Pradipta Adi Nugraha

Nugraha, Pradipta Adi (2022) Penerapan internet of things pada irigasi cerdas dengan metode logika fuzzy / Pradipta Adi Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Produksi komoditas buah dan sayuran di Indonesia saat ini belum ada upaya kontrol kualitas yang serius. Akibatnya banyak petani mengalami kerugian karena hasil panennya tidak mampu bersaing dengan buah dan sayuran impor salah satunya adalah buah apel. Padahal Indonesia memiliki kekayaan alam yang berpotensial khususnya dalam bidang pertanian. Sebagai salah satu upaya pencegahan dini terhadap kerugian yang dialami petani lahan pertanian harus selalu diawasi dan dikontrol kualitasnya menggunakan cara yang efektif dan efisien dengan menerapkan teknologi Internet of Things serta kecerdasan buatan. Karakteristik tanah yang penting untuk terus dipantau salah satunya adalah kelembaban tanah. Dalam penelitian ini hasil pembacaan sensor kelembaban tanah diproses oleh NodeMCU ESP8266 kemudian pembacaannya dikirim ke Database Firebase secara real time yang akan dapat dilihat melalui aplikasi smartphone. Untuk kontrol otomatis menggunakan metode logika fuzzy dalam sistem penunjang keputusan. Hasil dari penelitian ini adalah irigasi cerdas dengan metode logika fuzzy yang mampu untuk mengendalikan kelembaban tanah serta penambahan sistem Internet of Things yang digunakan sebagai fitur monitoring. Proses dimulai dari deteksi kelembaban tanah oleh sensor. Jika kelembaban terdeteksi dibawah 50% maka alat mengaktifkan pompa air sehingga menyiramkan air ke tanah. Pada kelembaban tanah lebih dari 50% maka pompa air akan berhenti. Platform IoT yang menggunakan aplikasi smartphone dimanfaatkan untuk menampilkan data persentase kelembaban tanah. Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui bahwa persentase kelembaban tanah dengan nilai awal 10% mengalami kenaikan menjadi 50% setelah proses penyiraman. Setiap komponen dari alat dan sistem telah diuji dan dapat berfungsi sesuai dengan tujuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273330

Actions (login required)

View Item View Item