Pengujian arester MOV sebagai peralatan proteksi pada lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) / Hafizh Farhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengujian arester MOV sebagai peralatan proteksi pada lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) / Hafizh Farhan

Farhan, Hafizh (2022) Pengujian arester MOV sebagai peralatan proteksi pada lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) / Hafizh Farhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ganguan arus dan tegangan lebih yang berasal dari petir dan lonjakan yang terjadi pada instalasi tegangan rendah dapat menjadi ancaman berbahaya bagi peralatan listrik. Kenaikan tegangan akibat surja petir akan berdampak buruk pada kelistrikan apabila melebihi basic insulation level (BIL) yang dapat menyebabkan kegagalan isolasi. Sehingga biasanya dipasang peralatan proteksi atau dapat disebut dengan surge protection devices (SPD) untuk melindungi peralatan dari lonjakan. Jenis SPD yang umum digunakan salah satunya adalah arester. Rangkaian arester akan dirancang pada simulasi LTSpice XVII. Simulasi rangkaian arester menggunakan komponen jenis MOV. Rangkaian proteksi diujikan dengan rangkaian generator impuls sebagai simulasi surja petir. Rangkaian generator impuls disimulasikan pada simulasi LTSpice XVII. Rancangan simulasi surja berupa rangkaian generator impuls menghasilkan profil tegangan yang mirip dengan profil tegangan surja sesuai dengan standar IEC 61000-4-5. Generator impuls sebagai simulasi surja dirancang untuk menghasilkan tegangan sebesar 1 kV 2 kV dan 3 kV. Rangkaian arester yang dicancang memiliki dua variasi yaitu rangkaian dengan satu buah MOV dan dua buah MOV yang dihubungkan secara paralel. Rangkaian MOV yang diujikan dengan generator impuls terbukti dapat memotong tegangan surja. Nilai permotongan tegangan surja yang dihasilkan oleh MOV turun secara signifikan. Perbedaan pemotongan tegangan surja oleh dua buah MOV tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan rangkaian arester menggunakan satu buah MOV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273314

Actions (login required)

View Item View Item