Analisis lifetime transformator daya menggunakan metode health index pada PT Krakatau daya listrik / Ferdiansyah Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis lifetime transformator daya menggunakan metode health index pada PT Krakatau daya listrik / Ferdiansyah Kusuma

Kusuma, Ferdiansyah (2022) Analisis lifetime transformator daya menggunakan metode health index pada PT Krakatau daya listrik / Ferdiansyah Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan serta kegunaan listrik semakin meningkat seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat baik di rumah tangga maupun industri. Oleh karena itu dibutuhkan sistem tenaga listrik yang handal dan stabil yang berperan sangat penting. Salah satu upaya untuk mempertahankan kehandalan dan stabilitas suatu sistem tenaga listrik yaitu dengan memperhatikan kondisi peralatan-peralatan tenaga listrik yang ada. Salah satu peralatan yang sangat penting dalam suatu sistem tenaga listrik adalah transformator. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi dan memprediksi umur transformator salah satunya adalah metode health index. Health Index merupakan metode yang dapat memberikan data keadaan transformator dan memprediksi sisa umur transformator. Dengan tujuan dari penelitian ini adalah (1) memperoleh hasil sisa umur transformator daya menggunakan pendekatan Health Index (2) mengetahui kondisi serta lifetime transformator daya pada PT Krakatau Daya Listrik berdasarkan data faktor historis dan faktor kondisi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dengan menggunakan data pada PT Krakatau Daya Listrik. Hasil dari perhitungan menunjukkan hasil 3 022 untuk transforamtor daya AV-03 dan 3 226 untuk transsforamtor AV-06 yang mengartikan bahwa kondisi kedua transformator dalam kondisi bagus serta kedua transformator diprediksi dapat beroperasi dengan baik dalam kurun waktu 11-15 tahun kedepan terhitung dari waktu pengambilan data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273310

Actions (login required)

View Item View Item