Analisa dew point dan moisture content gas sf6 pada PMT Bay kopel 150 KV di Gardu Induk Banaran Kediri / Anis Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa dew point dan moisture content gas sf6 pada PMT Bay kopel 150 KV di Gardu Induk Banaran Kediri / Anis Safitri

Safitri, Anis (2022) Analisa dew point dan moisture content gas sf6 pada PMT Bay kopel 150 KV di Gardu Induk Banaran Kediri / Anis Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PMT gas SF6 adalah pemutus sirkuit dengan media isolasi yang baik dapat berfungsi sebagai penyekat antara bagian bertegangan dan ground dengan jarak yang sangat sedikit/ pendek jika dibandingkan dengan isolasi udara. Jika terjadi percikan/busur api pada peralatan yang diisolasi dengan gas SF6 gas tersebut akan berfungsi sebagai pemadam busur api pada peralatan tersebut sehingga tidak akan terjadi kerusakan yang lebih parah. Kondisi isolasi dari gas SF6 itu sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal yang berkaitan dengan kualitas gas SF6 yakni tekanan (pressure) kemurnian (purity) titik embun (dew point) dan kelembaban (moisture content). Apabila pada salah satu indicator tersebut mengalami penurunan/ anomali maka diharuskan untuk melakukan pergantian gas sf6. Dalam penelitian ini lebih fokuskan kepada analisa kualitas hasil uji nilai Dewpoint ( Titik embun ) dan Moisture Content ( Kadar Uap Air ) gas SF6 pada PMT bay Kopel di ULTG Banaran Kediri. Adapun yang di Analisa yaitu nilai Dewpoint pada suhu 20 deg C (suhu standarisasi) dan melihat pengaruh yang terjadi pada kedua nilai dengan suhu lingkungan sekitar yang berbeda. Cara untuk mencari nilai Dew Point dan mencari nilai standarisasi Moisture Content pada suhu 20 deg C dalam konteks pengujian kualitas SF6 sebagai pemadam busur api dengan perhitungan yang mengacu pada standar CIGRE 234 dan kemudian membandingkan hasil perhitugan dengan hasil uji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273306

Actions (login required)

View Item View Item