Sistem navigasi robot tank pendeteksi gas menggunakan GPS localization and tracking / Huda Akbar Triyananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem navigasi robot tank pendeteksi gas menggunakan GPS localization and tracking / Huda Akbar Triyananda

Triyananda, Huda Akbar (2022) Sistem navigasi robot tank pendeteksi gas menggunakan GPS localization and tracking / Huda Akbar Triyananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan volume sampah di TPA dapat meningkatkan konsentrasi kandungan gas pemicu kebakaran. Gas tersebut nantinya akan dimonitor untuk mengetahui intensitasnya dalam suatu area. Namun pemasangan sensor gas yang ditempatkan pada satu tempat memiliki kelemahan dalam monitoring data pada area yang luas. Selain itu perangkat monitoring harus diaplikasikan dalam jumlah yang banyak sementara hal ini membutuhkan biaya yang besar dan operasional yang kurang efektif. Robot tank dipilih sebagai perangkat bergerak dalam pengambilan data gas karena desainnya yang mampu melewati medan yang berat dan melakukan pembacaan dalam area yang luas secara merata. Robot tank didesain mampu bergerak dengan kontrol manual maupun secara autopilot. Salah satu metode kontrol robot autopilot yaitu menggunakan metode Global Positioning System (GPS). Metode tersebut dikembangkan berbasis GPS Localization dengan parameter longitude dan latitude sebagai acuan gerak robot. GPS Tracking dalam hal ini digunakan untuk mengetahui data posisi robot berada. Nantinya data gas akan disinkronkan dengan data lokasi pembacaan yang kemudian ditampilkan berupa data peta visual. Hasil pengujian kendali manual robot tank menunjukkan kemampuan yang baik dalam melalui kondisi medan yang berat. Data GPS yang terbaca memiliki selisih error enam hingga sepuluh meter sehingga dapat memenuhi kebutuhan deteksi gas pada area yang luas secara autopilot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273305

Actions (login required)

View Item View Item