Implementasi industrial internet of things (iiot) pada budidaya ikan air tawar / Muhammad Rozakullah Al-Ariki - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi industrial internet of things (iiot) pada budidaya ikan air tawar / Muhammad Rozakullah Al-Ariki

Al-ariki, Muhammad Rozakullah (2022) Implementasi industrial internet of things (iiot) pada budidaya ikan air tawar / Muhammad Rozakullah Al-Ariki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah diciptakannya prototype kendali otomatis dan monitoring nilai pH suhu kekeruhan dan ketinggian air berbasis Internet of Things (IoT) pada budidaya ikan air tawar. Dengan target luaran yang akan dicapai berupa prototype kendali otomatis dan monitoring niai pH suhu kekeruhan dan ketinggian air berbasis Internet of Things (IoT) pada budidaya ikan air tawar. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dan metode rancang bangun sistem menggunakan Kontrol Logika Fuzzy (KLF). Penelitian ini dipilih karena penerapan IoT dalam akuarium ikan dapat membantu petani dalam mengendalikan dan monitoring kualitas air dalam akuarium melalui smartphone. Sistem kendali dan monitoring alat ini bekerja secara otomatis sehingga petani tidak perlu datang ke lokasi secara langsung untuk mengukur kualitas air serta memudahkan petani yang memiliki banyak akuarium. Dari pengujian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik untuk mengontrol kualitas air akuarium sesuai dengan nilai parameter yang dikehendaki. Dari hasil pengujian tiap sensor didapatkan nilai error kurang dari 5%. Dengan alat ini peneliti berharap dapat membantu petani ikan air tawar dalam meningkatkan produksi ikan air tawar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:29
Last Modified: 21 Mar 2024 05:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273304

Actions (login required)

View Item View Item