Perancangan sistem diagnosis dini penyakit jantung dengan metode foward chainning / ARDI LESTARI - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan sistem diagnosis dini penyakit jantung dengan metode foward chainning / ARDI LESTARI

Lestari, Ardi Lestari (2022) Perancangan sistem diagnosis dini penyakit jantung dengan metode foward chainning / ARDI LESTARI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemodelan metode Forward Chainning yang ditanamkan dalam sebuah aplikasi smartphone bertujuan untuk melakukan diagnosis dini empat penyakit jantung yaitu Jantung Hipertensi Kardiomiopati Palpitasi-palpitasi Endokaditis dengan melakukan iterasi pada metode Forward Chainning bisa menghasilkan sebuah kesimpulan atau fakta baru melaui gejala yang dipilih oleh user. Hasil yang ditampulkan adalah salah satu dari empat jenis penyakit jantung yang mendapat skor tertinggi. Penyakit jantung merupakan penyakit yang sulit didiagnosis dan teridentifikasi jika sudah parah hal ini menyebabkan penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi. Organisasi Kesehatan Dunia / World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa 70% kematian terjadi pada subjek umur kurang dari 70 tahun di negara berkembang disebabkan oleh penyakit jantung dewasa ini ada kebutuhan untuk solusi efektif untuk identifikasi resiko dini penyakit ini. Pedoman klinis terkomputerisasi dapat memberikan manfaat pada hasil dan biaya kesehatan. Pada penerapannya diperlukan dapat menyelidikimasalah yang lebih signifikan dan akurat. Salah satu solusi efektif adalah untukmencapai trade off yang optimal yang selama ini masih memiliki ambiguitas diagnosis sehingga perlu adanya uji klinis serta memerlukan waktu yang lebih lama dalam pengambilan keputusan. Ambiguitas data dan pengambilan keputusan akan lebih efisien dengan mengembangkan integerasi dengan kecerdasan buatan. Dalam penelitian ini pendekatan teknologi Clinical DecisionSupport System (CDSS) untuk diagnosis dini penyakit jantung dengan metode Forward Chaining. Dalam Clinical Decision Support System (CDSS) dilengkapidengan perangkat mikrokontroler sebagai pusat pengolah data dan tempat ditanamkannya kecerdasan buatan serta menggunakan sensor sebagai media uji klinis objektif. Desain Clinical Decision Support System (CDSS) melalui pembuatan perangkat keras sensor tekanan darah yang dikontrol oleh arduino Node MCU hasil dari sensor tekanan darah akan dikirim menuju cloud pada platform Firebase dan data juga dikirimkan menuju aplikasi smartphone. Desain aplikasiberisi dua puluh tujuh gejala penyakit jantung yang mewakili empat jenis penyakit jantung perancangan aplikasi menggunakan Visual Code Studio. Userakan memilih gejalagejala yang dialami lalu hasil kesimpulan akan ditampilkanpada aplikasi sehingga user bisa melakukan tindakan lanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/273303

Actions (login required)

View Item View Item